Ini Ketakutan Yang Dialami Penulis Pemula!

Setiap pekerjaan tentu memiliki kesulitannya masing-masing. Begitu pula sebagai penulis, apalagi jika kamu seorang penulis pemula. Mungkin banyak orang menganggap bahwa pekerjaan sebagai penulis adalah suatu hal yang mudah. Walaupun terlihat mudah dilakukan, ternyata tidak semua orang bisa untuk menjadi seorang penulis.

Ini Ketakutan Yang Dialami Penulis Pemula!

Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk terjun langsung menjadi seorang penulis. Hal ini tidak jarang membuat seseorang menjadi maju mundur untuk melakukannya. Semua memiliki tantangannya tersendiri untuk menjadi seorang penulis, baik penulis fiksi, non fiksi, membuat blog atau menulis di suatu platform, ataupun lainnya. Bahkan mereka memiliki ketakutan tersendiri untuk melakukannya. Apa aja ketakutan yang sering dialami oleh seorang penulis? Yuk, langsung kita bahas!

1. Penulis pemula takut tidak ada orang yang ingin membaca tulisannya

Salah satu ketakutan yang sering dialami adalah adanya ketakutan tidak ada orang yang ingin membaca tulisan mereka. Kamu merasa khawatir tidak ada orang yang ingin meluangkan waktu untuk membaca tulisan kamu karena merasa tulisan kamu tidak menarik. Perasaan seperti ini jika dibiarkan secara terus menerus, tentu akan menghambat kamu untuk menulis.

Kamu harus segera mengatasi hal tersebut. Ada atau tidak adanya orang yang membaca tulisan kamu itu sudah berada di luar kuasa kamu. Yang penting kamu sudah berani untuk mencoba. Lebih baik kamu pelan-pelan meningkatkan kemampuan menulis kamu menjadi lebih baik lagi.

2. Takut dianggap berlebihan

Ketakutan lainnya adalah kamu takut dianggap berlebihan ketika menulis. Ketika menulis biasanya kita aka lebih bersikap berbeda dari diri kita di kehidupan sehari-hari. Kita biasanya akan lebih menjadi diri kita sendiri dan mengungkapkan apa yang kita rasakan.

Kamu takut orang-orang akan menganggap kamu berlebihan dalam penggunaan bahasa yang dirasa tidak sesuai dengan diri kamu. Ketakutan seperti ini tentu akan menjadi penghalang kamu untuk terus menulis. Sebaiknya kamu tidak perlu memikirkan bagaimana pendapat orang lain dengan kamu dan fokus saja untuk selalu meningkatkan kemampuan menulis kamu menjadi lebih baik lagi.

Itulah tadi beberapa ketakutan yang sering dialami oleh seorang penulis pemula. Jika kamu memiliki salah satu ketakutan diatas, sebaiknya kamu harus segera mengatasinya. Karena jika hal tersebut tetap berkecamuk di dalam hati kamu, maka hal ini dapat membuat kamu terus menunda-nunda untuk menjadi seorang penulis. Padahal  kamu memang harus terus belajar agar kemampuan menulis kamu semakin berkembang.