Inspira Webinar “Tantangan Karir di Era Pandemi Covid-19”

Hi YOTers,

Semoga dalam keadaan sehat selalu ya dan tetap produktif walopun masih dalam program #DirumahAja. Kemarin Sabtu, 2 Mei 2020 saya menjadi Host untuk salah satu program Young On Top yaitu Inspira Webinar dengan tema yang diangkat yaitu Tantangan Karir di Era Pandemi Covid-19 dengan narasumber keren Maya Arvini yang merupakan teman dekat saya juga.

Dalam webinar tersebut, mba Maya menjelasakan mengenai beberapa tantangan karir yang akan dihadapi selama musim pandemi covid 19 ataupun paska pandemi ini selesai. Dan menurut mba Maya, gelombang PHK, unpaid leave sampai status karyawan yang tidak jelas akan terjadi beberapa bulan kedepan karena hampir semua sektor tidak beroperasi seperti biasanya.

Beruntung bagi kita yang sampai saat ini masih bisa bekerja, pesan dari mba Maya lakukan yang terbaik untuk perusahaan karena perusahaan sudah jungkir balik untuk tetap mempertahankan kita. Lalu untuk menunjang performa kita selama bekerja dirumah, memang situasi kita bekerja memang harus lebih kondusif lagi dari distraction keluarga kita, internet yang memadai dan tetap berpakaian layaknya kita bekerja seperti biasanya (jangan sampe engga mandi loh guys).

Lalu untuk yang sudah di PHK oleh perusahaan apa yang harus dilakukan? Menurut mba Maya, masih ada beberapa perusahaan yang mencari untuk posisi tertentu terutama yang relate dengan IT, social media marketing dan lain-lain, karena saat ini digital memegang peranan yang sangat penting untuk mendukung agar perusahaan masih bisa menjalankan operasionalnya.

Lalu bagaimana tantangan kedepan after pandemi ini selesai? Kemungkinan untuk perusahaan bisa kembali normal membutuhkan waktu yang cukup lama, artinya bukan berarti setelah pandemi ini selesai semuanya akan kembali seperti semula dengan cepat artinya kita memang harus siap menghadapi hal tersebut. Kita harus siap dengan The New Normal pasca pandemi ini selesai, karena banyak perusahaan yang mengevaluasi dari kejadian kemarin, pasti ada pelejaran yang sangat baik dari kejadian ini, baik dari sisi cara kerja dan lain-lain.

Saya juga mengingat satu kalimat penting dari Mba Maya yaitu “cash is a king” bahwa sekarang baik perusahaan ataupun individu jangan sampai mengeluarkan uang cash untuk sesuatu yang tidak perlu. Kita harus berhemat karena belum ada yang bisa menjamin kapan pandemi ini akan berakhir.

So YOTers, semoga kita semua diberikan kemudahan dalam menghadapi situasi yang tidak normal ini dan bisa dengan cepat adapted.

Buat teman-teman yang ingin belajar mengenai investasi, karir, bisnis dan lain-lain bisa kunjungi youtube channel saya “Rikison Daily”

 

Regards

Riki Son