International Mask Festival 2022: Penampilan dari Berbagai Negara!

“Tahun ini IMF hadir dengan pesan khusus Marvelous Mask yaitu tentang topeng yang menakjubkan dan mengagungkan. Topeng yang telah ribuan tahun mewarnai kehidupan manusia. Ini sebagai ekspresi dunia dimana seni topeng telah mengandung nilai nilai ideologi, edukasi dan dan ekonomi. Kebanggaan akan budaya nusantara serta meningkatkan nilai ekonomi sebagai produk budaya. Nilai-nilai manfaat itulah yang di implementasikan dalam panggung IMF agar topeng memiliki nilai daya guna,” kata Irawati Kusumorasri selaku Founder.

Halo YOTers!

Di bulan Juni ini, International Mask Festival 2022 diselenggarakan di kota Solo. Dan kali ini YOT Solo diundang sebagai media partner loh, YOTers! Acara ini berlangsung selama 2 hari, 17-18 Juni 2022, di Pura Mangkunegaran. Rangkaian acara dari IMF 2022 adalah Mask Exhibition, IMO National Conference, Mask Workshop, Video Performance, dan Live Performance.

Live Performance IMF 2022 ini tidak hanya diramaikan oleh negara kita aja, loh YOTers! Tampilan dari negara Thailand dan Singapura juga ikut meramaikan suasana IMF 2022. Penari-penari menampilkan tarian topeng dengan penuh hikmat dan mendalami. Penampilan IMF 2022 dibuka oleh kelompok tari Semarak Candra Kirana Art Center Solo membawakan tari topeng Surpanaka. Tarian ini menceritakan seorang bernama Surpanaka yang mencoba memikat hati Leksmana Widagdo dengan merubah dirinya menjadi seorang wanita yang cantik jelita, namun mendapat penolakan dari Leksmana Widagdo.

Setelah semua penari selesai menampilkan tarian terbaiknya, IMF 2022 memberikan apresiasi berupa buket bunga, sertifikat, serta bingkisan yang diserahkan secara langsung oleh Pak Gembong selaku Kepala Bidang Destinasi Pariwisata dan Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta dan R.Ay. Irawati Kusumorastri, M.Sn. Dan acara IMF 2022 diakhiri dengan flashmob oleh para panitia, volunteer, dan penari.