IPA vs IPS: Mana yang Lebih Berpeluang untuk Sukses?

IPA vs IPS Mana yang Lebih Berpeluang untuk Sukses

 

“Keren banget lo masuk IPA. Masa depan lo udah terjamin banget deh.”

“Yailah masuk IPS mau jadi apa?”

“Kamu harus masuk IPA, biar bisa sukses dan kaya raya.”

“Ah anak IPS mah paling gitu-gitu aja, ga bakal sesukses anak IPA.”

 

Di Indonesia, stigma seperti ini sudah dipercaya dan jadi kepercayaan yang turun menurun terus disampaikan ke generasi berikutnya. Padahal, penjurusan IPA atau IPS saat kuliah itu gak menentukan akan sukses atau tidaknya seseorang di masa depan.

Stigma ini muncul karena: masuk IPA itu lebih sulit. Harus punya nilai yang tinggi, matematika yang harus lebih jago dan tolok ukur lainnya. Selain itu, masa depannya juga lebih cerah. Bisa masuk kedokteran, teknik, perminyakan dan lainnya pas kuliah. Kenapa bisa dibilang lebih cerah? Ya karena kamu tahu sendiri kan pekerjaan dari jurusan tersebut punya gaji yang setinggi langit. Sedangkan, tolok ukur kesuksesan adalah uang.

Nah, karena berbagai tolok ukur tersebut akhirnya memunculkan anggapan bahwa masuk IPA akan punya masa depan yang lebih sukses. Akhirnya? Berimbas ke anak IPS yang dicap kalo mereka gak akan punya masa depan yang sukses dan terkesan jadi anak buangan. Padahal ini salah besar lho.

Hal ini yang akhirnya muncul menjadi tekanan. Banyak siswa SMA yang akhirnya memaksakan diri untuk masuk IPA, padahal minatnya belum tentu ada di IPA. Tujuannya hanya untuk membuat orangtua senang atau bahkan gengsi semata. Gak ada yang salah dengan semangat belajar dan keinginan untuk masuk IPA nya, yang membuatnya jadi salah adalah saat tujuan yang mau kita capai itu keliru.

Intinya YOTers, penjurusan IPA atau IPS itu gak berpengaruh untuk kesuksesan kamu. Skill, attitude, itu adalah poin penting yang berpengaruh terhadap kesuksesan kamu. Gimana kamu mau belajar, menghargai orang lain, menghargai waktu, itu yang terpenting harus kamu miliki saat bekerja. Jangan pernah merasa kecil karena kamu anak IPS. Jangan sombong juga untuk kamu yang masuk IPA. Sukses atau tidaknya kita, cerah atau gelapnya masa depan kita, tergantung dari potensi yang kita miliki serta bagaimana kita mengembangkan potensi kita tersebut.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV