IQ Indonesia Terendah Kedua di Asia: Intip Cara Meningkatkannya!

Hai YOTers! Pernah ngerasain otak kita yang lelet berujung mikir IQ kita rendah atau gimana ya? Ketika diberikan tugas baru sama leader malah loading dulu. Padahal uda minum kopi biar fokus, eh berujung dengan bingung. Tenang, bukan karena data World Population Review 2022, nilai rata-rata IQ penduduk di Indonesia adalah 78,49 lalu skor itu menempatkan Indonesia di posisi ke-130 dari total 199 negara yang diuji kok.

Coba kita cari tahu dulu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan IQ yang dipopulerkan Alfred Binet ini dan faktor-faktornya. Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, IQ adalah ukuran kecerdasan intelektual dan potensi seseorang. Ukuran ini juga menggambarkan kemampuan seseorang untuk berpikir dan bertindak dengan baik.

Menurut National Library of Medicine, tingkat kecerdasan seseorang dipengaruhi beberapa faktor ini seperti IQ orang tua, faktor genetik, kehidupan keluarga, pola asuh, nutrisi yang diberikan serta tingkat pendidikan.

Cara tingkatinnya gimana?

  1. Melatih otak dengan permainan

Bermain gak selalu buruk ya YOTers. Karena ada beberapa permainan yang bisa meningkatkan IQ seperti teka-teki silang, puzzle, sudoku dan juga catur. Rata-rata permainan ini menggunakan kecerdasan otak dalam menyelesaikannya.

  1. Mempelajari bahasa asing

Setiap bahasa memiliki sistem aturan, struktur dan kosa kata yang rumit. Sehingga jika kita belajar bahasa asing maka otak harus mengatasi kompleksitas dan menyerap pola-pola baru. Hal ini bagus untuk mingkatkan IQ.

  1. Melakukan sosialisasi

Bertemu dengan banyak orang, berdiskusi sampai beradu argumen mampu membuka cakrawala. Kecerdasan dalam berpikir dan kritis juga terbentuk dari sosial masyarakat.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Agar otak berfungsi maksimal maka dibutuhkan pula nutrisi, vitamin dan mineral yang seimbang. Sehingga mampu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan berpikir yang optimal sehingga IQ pun meningkat.

  1. Mencukupi waktu istirahat

Saat tidur, tubuh kita akan mengembalikan energi yang hilang hari itu sehingga saat bangun tubuh kita menjadi bugar, suasana hati meningkat begitu juga dengan konsentrasi. Setidaknya 7-9 jam tiap harinya.

  1. Melakukan olahraga rutin

Olahraga dapat meningkatkan daya ingat dan menjaga aliran darah di otak tetap lancar, sehingga sel saraf dan jaringan otak tetap sehat.

Baca artikel lain di sini:

Tonton video inspiratif di sini:

Kamu ingin dapat motivasi dan inspirasi? Yuk tonton konten tentang self-development, tips karir, dan masih banyak lagi di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini!

https://www.youtube.com/c/YoungOnTopTV