Jebakan Monkey Business: Terlihat Menjanjikan Tapi Kotor

YOTers, pernah mendengar istilah monkey business? Menurut Muhammad Syamsudin, S.Si., M.Ag, seorang peneliti Bidang Ekonomi Syariah, pada laman islam.nu.or.id mengatakan bahwa monkey business sejatinya adalah aktivitas bisnis yang berorientasi jangka panjang untuk menguntungkan diri sendiri dan berimbas merugikan orang lain, meski barang-barang yang dijualnya seringkali halal. Merujuk pada pengertian yang diberikan oleh Cambridge Dictionary, monkey business adalah sebuah perilaku tidak jujur atau ilegal.

Pada intinya dalam dunia bisnis istilah monkey business adalah perbuatan tidak jujur. Artinya artinya ada kegiatan yang tidak jujur dalam melakukan bisnis entah itu berhubungan dengan cara dalam melakukan bisnis yang benar atau melanggar aturan tertentu.

Awal mula penggunaan kata monkey business ini bisa kita ketahui dari istilah yang memang sudah digunakan sebelumnya, yakni “monkeyshine”. Istilah monkeyshine ini sudah digunakan saat tahun 1832, yang artinya adalah perbuatan buruk.

Jenis-jenis monkey business:

1. Dalam Dunia Bisnis

Awal tahun 2020 ramainya kebutuhan akan masker medis untuk menghindari Covid-19. Semua orang yang merasa butuh dan punya uang rela mengeluarkan uang hingga berkali-kali lipat dari harga normal untuk membeli masker tersebut. Padahal harganya tidak semahal itu jika hari biasa, namun trik pengusaha yang menaikkan harga adalah salah satu praktik monkey business.

2. Dalam Investasi

Bisnis berantai yang mana harus mengajak orang lain bergabung di dalamnya. Seperti MLM atau multi level marketing. Pada awal mula menjalankan, penghasilan memang bertambah seiring dengan banyaknya orang yang kita ajak untuk bergabung. Namun, kondisi ini hanya berjalan sementara tidak sampai setahun. Trik pengusaha yang memperdaya uang sehingga lama kelamaan akan kehabisan uang karena menggunakan sistem bagi hasil.
buy fildena online www.ukmedix.co.uk/wp-content/themes/twentyseventeen/inc/php/fildena.html no prescription

3. Bentuk Arisan

Arisan pada dasarnya tidak masalah. Namun tak jarang kita menemukan orang yang mengumpulkan uang orang lain dengan dalih arisan namun membawa lari uang tersebut.

4. Bentuk Konser Tiket

Calo tiket adalah mereka yang membeli tiket dalam jumlah banyak yang kemudian dijual lagi (reselling). tujuan utama calo adalah untuk mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya.
buy diflucan online www.ukmedix.co.uk/wp-content/themes/twentyseventeen/inc/php/diflucan.html no prescription

Ini alasan harga tiket konser bisa naik berkali lipat dari harga normal. Beruntung jika kamu membeli tiket dari calo yang amanah. Namun jika tidak, uang kamu akan melayang bahkan tidak jarang ini menjadi ajang bisnis menjual data pribadi.

Baca artikel lain di sini:

Tonton video inspiratif di sini:

Kamu ingin dapat motivasi dan inspirasi? Yuk tonton konten tentang self-development, tips karir, dan masih banyak lagi di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini!