Kamu Bingung Mempersiapkan Materi Sebelum Presentasi? Yuk, Pahami 3 Type Persiapan Materi Presentasi!

Sumber Gambar : Freepik/wayhomestudio

Halo YOTers! Kamu bingung mempersiapkan materi sebelum presentasi? Ada type persiapan Impromptu, Hafalan, dan Manuscript.  Yuk, pahami 3 type persiapan materi presentasi versi penulis, supaya presentasi kamu tidak mengecewakan penonton:

1.Type Impromptu

Sumber Gambar : Freepik/storyset
Sumber Gambar : Freepik/storyset

 

Impromptu merupakan jenis persiapan presentasi yang dilakukan “tanpa persiapan” secara improvisasi atau spontan pada beberapa saat sebelum kamu presentasi.  Type ini memiliki beberapa karakter yang diantaranya suasana presentasi lebih mudah cair  karena dilakukan oleh seseorang yang  sudah memiliki jam terbang atau pengalaman yang cukup banyak.  Terdapat beberapa kelebihan dari persiapan presentasi jenis Impromptu versi penulis yaitu penyampaian kamu lebih spontan, dinamis, dan adaptif dengan penonton. Namun, salah satu kekurangan versi penulis yaitu kamu bisa melakukan melakukan hal – hal yang tidak diinginkan seperti  verbal filling atau mengucapkan kata “emmm….”.

2.Type Hafalan

Materi Milik Penulis Pribadi
Materi Milik Penulis Pribadi

Hafalan merupakan jenis persiapan presentasi yang dilakukan dengan cara kamu mempersiapkan materi lalu kemudian dihafal sebagian atau keseluruhan. Type ini memiliki beberapa karakter yang diantaranya kamu bisa membuat dan menghafal pointer/butir – butir , atau fullscript/setiap kalimat yang akan diucapkan. Kamu bisa menuangkan materi di selembar kertas dengan tulis tangan atau mengetik di Microsoft Word. Salah satu kelebihan dari persiapan jenis Hafalan versi penulis yaitu kamu sudah mengetahui apa yang akan disampaikan sejak awal hingga akhir. Namun, juga memiliki beberapa kekurangan versi penulis yaitu menimbulkan jeda waktu untuk kamu mengingat, kontak mata kamu akan fokus kepada script/naskah, dan sangat berbahaya apabila kamu nge – blank/lupa lho!

3.Type Manuscript

Materi Milik Penulis Pribadi
Materi Milik Penulis Pribadi

Manuscript merupakan jenis persiapan presentasi yang dilakukan dengan cara kamu membacakan materi/script yang sudah dibuat. Type ini memiliki beberapa karakter yang diantaranya biasa digunakan oleh Pembawa Acara Berita di Televisi, dan menggunakan double device seperti Teleprompter untuk mempermudah. Salah satu kelebihan dari persiapan jenis Manuscript adalah informasi yang kamu sampaikan akan terkendali sejak awal hingga akhir.Namun, juga memiliki beberapa kekurangan versi penulis yaitu pembawaan kamu yang cenderung monoton atau membosankan, dan kamu perlu mengatur intonasi yang sesuai dengan apa yang akan diucapkan.

Nah, itu 3 Type Persiapan Materi Presentasi supaya presentasi kamu tidak mengecewakan penonton. Ingat, setiap orang tentu memiliki persiapan yang berbeda – beda lho! Jadi kamu pilih type yang mana? Jangan lupa YOTers untuk selalu mempersiapkan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Penulis: Muhammad Arif Arofah – Director Marcomm YOT Bekasi Batch 7 2022

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Kamu Bingung Mempersiapkan Materi Sebelum Presentasi? Yuk, Pahami 3 Type Persiapan Materi Presentasi!”, Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/muhammadarifarofah4696/621af608bb44862b64311084/kamu-bingung-apa-yang-harus-dipersiapkan-sebelum-presentasi-yuk-pahami-3-type-persiapan-presentasi-beserta-tips-nya

Kreator: Muhammad Arif Arofah