Kamu Itu Gak Bodoh, Ini Fakta Sebenarnya

Saya mau bilang kalo ada yang bilang kamu bodoh itu berarti orang tersebut kurang baca dan kurang jauh mainnya. Suka ga bertemu orang yang menganggap dirimu bodoh? Bodoh ya bukan tidak kompeten itu berbeda. Saya mau sharing bahwa manusia menurut penelitian H. Gardner (1983) punya 9 jenis kecerdasan majemuk. Kecerdasan ini pun bukan pakai urutan atau ranking. Apakah yang jago matematika urutan paling atas? Bukan oh berarti yang jago fisika, kimia atau ekonomi? Bukan juga, nah ini saya mau bahas biar kita bisa lebih menghargai kecerdasan yang dimiliki setiap orang.

– Kecerdasan eksistensial

Ini adalah kecerdasan untuk  kepekaan dan kemampuan untuk mempersoalkan arti hidup, kematian dan proses semesta.

– Kecerdasan intrapersonal

Kemampuan untuk memahami diri sendiri. Ternyata ini kecerdasan YOTers karena gagal memenuhi diri sendiri berujung stress dan gangguan kesehatan mental.

– Kemampuan interpersonal

Kemampuan untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Jadi luwes dan bisa ngobrol sama orang pun termasuk kecerdasan.

– Kecerdasan naturalis

Kemampuan seseorang untuk memahami alam, manusia, hewan dan tumbuhan. Saya tahu seorang guru linking awareness yang setiap tahun keliling dunia untuk mengajar cara berkomunikasi dengan hewan dan tumbuhan keren banget kan.

– Kecerdasan kinestetik

Kemampuan seseorang dalam memanipulasi objek, seperti halnya pesulap atau mentalist nah mereka tergolong cerdas nih YOTers.

– Kecerdasan musik

Kemampuan seseorang untuk mengenali ritme, nada dan timbre. Saya kenal seorang musisi keren yang bisa memainkan multi instrumen, bikin lagu, jadi produser TAPI GA TAU BACA NOT BALOK. Nah talenta dan cerdas sekali musisi ini jadi jangan sembarangan menilai orang.

– Kecerdasan spasial

Kemampuan untuk berpikir dalam 3 dimensi. Nah ini adalah teman teman kreatif seperti desainer baik visual, produk, film, gamers, game developer, animator dll. Btw kreatif ekonomi sekarang digadang gadang untuk jadi komoditas bangsa untuk menggerakkan perekonomian kita loh..isinya siapa? Ya orang orang kreatif itu tadi..

– Kecerdasan linguistik

Kemampuan untuk berpikir dalam kata kata dan menggunakan bahasa. Sejak jaman romawi pembuat kebijakan paling berpengaruh adalah senat, golongan ini justru tidak berada di front terdepan untuk meluaskan wilayah tetapi jadi penentu kebijakan kekaisaran Romawi jaman dulu. Modalnya adalah kemampuan linguistik dan era saat ini ditengah pandemi ternyata skill yang masih bisa diandalkan public speaking. Bukan sekedar bicara ya tapi bicara yang penuh konten dan manfaat.

– Kecerdasan logika matematika

Kemampuan memahami proporsi dan hipotesis matematika. Ini juga tergolong cerdas artinya kemampuan mereka tidak bisa dianggap remeh

Nah tapi kita ga mau dong cuma punya satu kecerdasan dan sudah puas, lebih baik asah dan kembangkan kecerdasanmu yang lain agar selalu bisa berkembang. Jadi masih mau anggap remeh orang lain dan bilang ah kamu bodoh..