Kamu Pemuda Yang Ingin Sukses? Belajarlah Dari Karakter Spongebob

Kamu Pemuda Yang Ingin Sukses? Belajarlah Dari Karakter Spongebob

 

Siapa yang tak kenal dengan makhluk kuning kotak yang tinggal di bikini bottom?

Spongebob memiliki karakter yang unik. Tekad, kegigihan, dan disiplin yang tinggi membuatnya menjadi tokoh kartun yang digemari oleh anak-anak karena memberikan banyak sekali makna kehidupan yang mendalam di setiap episodenya. Pelajaran hidup dapat kita petik dari mana saja, bahkan dari karakter kartun Spongebob Squarepants. Berikut adalah 6 pelajaran berharga yang bisa kita dapatkan melalui karakter Spongebob Squarepants yang sesuai dengan buku Young On Top dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Spongebob Ramah dan Hampir Tak Pernah Marah (Be Humble)

Spongebob terkenal dengan sikap ramahnya pada semua penghuni Bikini Bottom. Setiap pagi, di setiap perjalanan menuju tempat kerjanya, di mana pun dia berada, dia akan menyapa siapapun yang ditemuinya. Meskipun sebagian mengabaikan Spongebob atau bahkan parahnya tak menggangap Spongebob ada, yang menarik adalah bahwa hal itu tak membuat Spongebob kapok menyapa semua penduduk Bikini Bottom. Justru dia akan semakin berusaha menebarkan keramahan dan keceriaan untuk mereka. Satu lagi, sekalipun sering diacuhkan, Spongebob hampir tak pernah marah. Nah, bagaimana dengan kamu YOTers? Seberapa sering kamu menebar senyum dan salam pada orang-orang di sekitar? Mungkin tak ada salahnya kamu meniru Spongebob, cobalah menyapa tetangga di depan atau sampingmu. Bahkan, akan lebih baik jika kamu memberi salam kepada seluruh rekanmu.

 

  1. Spongebob Tidak Pernah Balik Membenci Seseorang (Respect Everyone)

Sudah diketahui bahwa Squidward sangat membenci Spongebob. Bagi Squidward, Spongebob tak lebih dari sekadar makhluk kuning kotak yang berisik, merepotkan, dan selalu mengganggunya. Pernahkah kamu tidak suka bahkan hingga sampai membenci rekan kerjamu YOTers? Mari kita coba renungkan bersama, di posisi seperti itu, adakah kita seperti Squidward atau Spongebob. Spongebob tak pernah sekali pun balik membenci Squidward meski sering diperlakukan tak baik olehnya. Saya pernah menonton episode di mana Squidward mendadak dalam kesusahan hingga tak memiliki tempat tinggal. Herannya, dengan sukarela Spongebob menawarkan Squidward tinggal bersamanya dan merawat Squidward. Satu hal lagi yang bisa kamu pelajari dari Spongebob adalah kejahatan tak melulu harus dibalas dengan kejahatan. Mungkin rekan kerjamu sering membuat kamu kesal dan tak pernah baik padamu. Namun, patutkah kamu membalas dengan hal yang sama? Sebuah kebaikan kecil pun justru bisa kamu hadiahkan padanya.

 

  1. Spongebob Adalah Sahabat yang Setia (Make a Lot of Friend)

Terkadang saat seorang teman curhat kepadamu di saat yang tidak tepat. Mungkin kamu sendiri sedang banyak masalah namun justru harus mendengarkan cerita temanmu. Spongebob adalah seorang kawan yang baik. Tentu kamu mengenal duo tak terpisahkan Spongebob dan Patrick. Di mana ada Spongebob, di situ ada Patrick. Kamu bisa belajar dari ketulusan persahabatan yang dibangun Spongebob. Tak pernah sekali pun Spongebob meninggalkan Patrick sendirian dalam masalah. Ada episode di mana Patrick akan kedatangan orangtuanya dan dia bingung bagaimana harus menyambut mereka. Di situ dengan senang hati Spongebob meluangkan waktu dan menawarkan diri membantu Patrick, meski pada akhirnya Spongebob mengalami kesusahan tersendiri dalam usaha membantu Patrick. Ada baiknya kamu juga belajar untuk meluangkan waktu sejenak meski hanya untuk mendengarkan curhat teman. Bukankah suatu kehormatan besar ketika kamu dipercaya seorang teman untuk berbagi masalahnya YOTers?

 

  1. Spongebob Mencintai Pekerjaannya (Do What You Love and Love What You Do)

Spongebob bekerja sebagai koki di restoran Krusty Krab milik Tuan Krab. Tuan Krab sendiri terkenal sangat pelit pada karyawannya. Ada hal menarik yang saya korelasikan dengan pekerjaan sehari-hari. Squidward nampak setengah hati bekerja di Krusty Krab. Baginya bekerja sebagai kasir di sana bukanlah impian terbaiknya dan hal itu membuatnya sangat benci pada pekerjaannya. Belum lagi Tuan Krab sangat pelit dalam hal gaji. Di setiap episode yang disajikan selalu digambarkan Squidward yang tak tulus dalam bekerja. Hal ini sangat terbalik dengan Spongebob yang selalu ceria dalam bekerja. Tak pernah dia setengah hati dalam bekerja meski seringkali ditipu daya oleh Tuan Krab. Spongebob begitu mencintai pekerjaannya dan tulus dalam melayani pelanggan. Baginya tak ada yang lebih baik dibandingkan kebahagiaan pelanggan setelah makan masakannya. Berkaca pada hal ini, seberapa sering kamu mengeluh pada pekerjaanmu saat ini YOTers?

 

  1. Spongebob Pantang Menyerah (Never Give Up)

YOTers, ingatkah adegan di mana Spongebob berkali-kali gagal lulus ujian menyetir? Uniknya adalah bahwa Spongebob sendiri tak pernah menyerah untuk mengulang ujiannya. Entah sudah berapa ratus kali dia selalu gagal, tapi tak pernah satu pun ujian dia lewatkan. Spongebob selalu memberikan usaha terbaiknya tiap ujian menyetir meski hasilnya selalu tak memuaskan. Bisa jadi pekerjaanmu saat ini menuntut banyak hal darimu. Laporanmu kurang detail, pekerjaanmu kurang sempurna, dan banyak permintaan lainnya. Berkali-kali juga mungkin kamu merasa tak mampu memenuhi ekspetasi atasanmu dan terkadang ingin menyerah saja. Pernahkah hanya sejenak berpikir bahwa bisa jadi atasanmu itu justru membuatmu menjadi semakin terlatih? Secara tak disadari justru atasanmu sedang berusaha menaikkan kelasmu pelan-pelan. Jadi, belajarlah dari Spongebob. Jangan mudah menyerah meski pekerjaanmu sangat rumit. Terkadang proses jauh lebih berharga daripada hasil.

 

  1. Percaya Dengan Imajinasi dan Mimpi (Be Creative, Dream and Think Big)

YOTers tahukah kamu jika Spongebob percaya dengan I-M-A-J-I-N-A-S-I yang ia miliki, baginya imajinasi adalah sebuah hal yang sangat mendalam pada kepercayaan Spongebob, dan jika meyakininya dengan sepenuh hati maka hal tersebut akan terwuijud. Hal ini mengajarkan kita untuk bermimpi dan memiliki cita-cita untuk diraih di masa mendatang, dengan inovasi dan kreasi pada kepercayaan kita, ditambah usaha yang maksimal makan impian dan imajinasi kita akan terwujud tentunya. Jadi YOTers, sebesar apakah mimpi dan imajinasimu yang ingin kamu wujudkan?