Kamu susah tidur waktu malam hari?

Kamu susah tidur waktu malam hari?

Hayo, siapa yang kalo malem susah banget tidur di jam 9 atau 10 malam? Saya adalah salah satu orang yang susah tidur kalo malem hari, biasanya saya butuh waktu setidaknya 30 menit sampai 1 jam untuk bisa tidur. Gejala susah tidur ini dinamakan insomnia, insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur meskipun memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Kualitas tidur sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Pada umumnya kita butuh 8 jam tidur dalam sehari untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

 

Terus gimana dong cara biar kita ngga terkena gangguan insomnia atau sulit tidur di malam hari? Tenang aja saya bakal kasih beberapa tips agar kamu tidak terkena insomnia.

1. Jangan main gadget ketika menjelang tidur.

Siapa nih yang sebelum tidur suka main HP? Hampir setiap orang tidak bisa lepas dari gadget, mulai dari bangun tidur sampai mau tidur kembali. Sebaiknya kamu mengurangi penggunaan gadget 1 jam sebelum tidur, gadget tidak hanya smartphone saja, TV, tablet dan lainnya juga termasuk gadget. Gadget mempunyai blue light yang dapat memicu tubuh tidak merasakan kantuk. Oleh karena itu jauhkan gadget sebelum tidur ya, agar tidur kita bisa lebih berkualitas dan tubuh menjadi lebih relaks.

2. Jangan minum kopi dimalam hari

Buat kamu yang suka nongkrong di warkop atau di kafe malem hari terus mesennya kopi sebaiknya kamu mengurangi kebiasan itu, kamu lebih baik pesen minuman yang lain, khususnya yang tidak mengandung kafein. Kafein membuat tubuh menjadi terjaga dimalam hari. Jadi lebih baik minum susu atau air putih saja sebelum kita tidur.

3. Olahraga teratur

Siapa nih yang suka males olahraga? Meskipun lagi pandemi seperti ini dan kamu harus WFH setiap hari dirumah, kamu harus tetap rajin berolahraga ya karena olahraga ini juga bisa membantu tubuh kamu untuk memiliki waktu tidur yang berkualitas. Cobalah untuk olahraga ringan misalnya bersepeda atau jalan kaki. Kebiasaan berolahraga akan membantu kamu lebih cepat tidur di malam hari. Tapi ingat ya jangan melakukan olahraga yang terlalu berat karena itu justru akan membuat tubuh terjaga di malam hari.

Mungkin itu tadi beberapa tips yang bisa saya bagikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya untuk teman-teman semua. Sampai bertemu di artikel berikutnya.