Keberhasilan adalah Perubahan

Seiring waktu berputar akan terjadi perubahan dan seperti yang dikatakan filsuf Yunani kuno yaitu Heraclitus (540 – 480 sebelum Masehi) “Nothing endures but change” tidak ada yang tidak berubah kecuali perubahan itu sendiri. Kita banyak menyaksikan begitu banyak perubahan di sekeliling kita dalam kehidupan kita dari saat  kita kecil menuju dewasa dan begitu banyak experience yang merubah diri kita. Setiap hari bukan hanya pergantian jam, menit bahkan detik bahwa kita dianugerahkan mempunyai kemampuan untuk terus menerus berubah, mengapa begitu? Karena hidup ini selalu berubah dan kehidupan disekeliling kita tidak ada yang berhenti bergerak dan selalu berubah, bagaimana mungkin kita menghadapi segala yang berubah jika kita tidak berubah.

Orang  orang berhasil adalah orang mau terus berusaha merubah memperbaiki dirinya dalam segala hal kearah yang lebih baik setiap saat. Perubahan tidak hanya terjadi pada kehidupan pribadi kita tapi hampir dipastikan disemua aspek kehidupan kita seperti pada lingkungan masyarakat, organisasi atau pun pada perusahaan misalnya. Dalam organisasi atau perusahaan harus selalu siap berubah karena adanya tuntutan untuk terus terus maju dan terus berkembang dan menyesuaikan diri dengan perubahan. Seperti saat kita mengalami pandemic Covid 19 yang mengubah cara kehidupan sosial kita menjalani rutinitas yang berdampak pada seluruh sendi kehidupan seperti aktivitas sekolah, kuliah dan bekerja bahkan berbelanja berlangsung dari rumah. Mall, pasar, restaurant dan hiburan tutup sampai transportasi pun dibatasi yang berdampak pada perekonomian kita terpukul dan tidak sedikit bisnis terpaksa gulung tikar. Kita dipaksa mau tidak mau harus mengikuti perubahan dan menyesuaikan diri dengan perubahan ini agar terus berjalan. Perubahan itu hal yang mutlak dan kita dituntut selalu siap menghadapi nya dan tanpa kita sadari tahun 2020  adalah tahun perubahan. Perlu jadi catatan kita adalah hambatan dan tantangan akan selalu menyertai di setiap perubahan, menyiapkan diri terhadap pentingnya perubahan menjadi salah satu langkah tepat untuk mengantipasinya.

Saya teringat saat hidup terasa penuh tekanan ketika usia saya di sekolah dasar kelas 6 sampai  SMA kelas satu yaitu saya menderita gagap bicara yang luar biasa dan itu penderitaan saat berbicara. Satu hal yang saya ingat orang tua saya sangat memberikan support untuk saya agar mau berusaha berubah dengan keberanian untuk selalu mengerjakan sesuatu yang baru dan berbeda. akhirnya saat itu saya putuskan untuk masuk sanggar seni, belajar seni peran, pementasan theatre, puisi dan drama, hasilnya perlahan pulih dan bahkan pada saat kuliah saya diterima menjadi penyiar radio siaran di radio  swata, sesuatu hal yang aneh dan sulit dipercaya oleh teman teman SD dan SMP saat itu, iya tapi itulah perubahan yang saya alami dalam kehidupan dan sejak itu jika ada orang atau teman yang mengalami kegagapan dalam berbicara saya selalu dapat membantu berbagi memberikan cara latihan penyembuhannya.

Berhenti bergerak berarti mati! Bergerak sama artinya dengan berubah. Berubah dari satu posisi ke posisi yang lain, ke satu putaran keputaran yang lain, dari satu bentuk kebentuk yang lain, berubah dari satu keadaan kepada keadaan yang lain dan kita tidak akan bisa melawan perubahan karena perubahan lebih kuat dari kita dan lebih panjang usiannya dari usia kita, Maka yang bisa kita lakukan adalah memanage setiap perubahan . Manusia mengenal perubahan adalah sebagai pangkal perbaikan nasib, bahkan nasib yang telah ditetapkan bagi kita dapat dirubah dengan melakukan perubahan. Tuhan pencipta dan pemilik perubahan telah menetapkan hukum perubahan bagi perubahan itu sendiri. Semua berubah kecuali perubahan itu sendiri.

“Sudah siapkah kamu berubah”?

 

See U on Top!

Yance Muchtar