Kebiasaan Buruk yang akan membuat kita dibenci orang lain. Part 1

Dalam kehidupan sehari hari tentu kita ingin selalu disukai orang lain atau setidaknya diterima oleh lingkungan sekitar kita, dari pengalaman saya orang akan lebih dikenang orang lain karena kebaikan hati dan prilaku positifnya. Sebagai manusia tentu kita akan selalu punya kesalahan dan sebaik baiknya orang yang mempunyai kesalahan adalah orang memperbaiki dirinya dan belajar dari kesalahan tersebut dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama dikemudian hari. Sebagai mahluk sosial manusia selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungannya dan berusaha agar disukai oleh orang lain, namun ada beberapa sifat buruk yang terkadang tanpa disadari bisa menjadikan orang orang yang disekitar kita menjauh.

Biang Gosip

Hindarilah kegiatan bergosip karena akan membawa dampak  buruk bagi korban gosip dan lebih buruk lagi akan menimpa si biang gossip. Orang akan menjauh dari si biang gosip karena akan dicap pembawa keburukan dan ketidak nyamanan, mungkin orang akan baik dihadapannya tapi yang paling bahaya adalah tidak akan ada kepercayaan orang bagi si biang gossip.

Terlalu Serius

Dalam meraih tujuan dalam hidup diperlukan keseriusan, tanpa keseriusan dalam diri kita  akan sangat sulit tercapai tujuan. Namun jika terlalu serius dalam sikap dan prilaku kita kadang mengabaikan hal hal yang fun dalam pergaulan, orang yang  terlalu serius justru akan dihindari oleh teman teman nya.

Hiperbola atau sikap yang terlalu berlebihan.

Semua hal yang berlebihan memang tidak baik. Baik berlebihan dalam perbuatan atau prilaku dan perkataan, semuanya haruslah proporsional dan tidak berlebihan. Berlebihan menyanjung orang, berlebihan membenci orang dan berlebihan dalam menanggapi sesuatu hal haruslah kita hindari. Tenang, santai  dan apa adanya akan membuat kita lebih menarik.

Selalu menempatkan diri sebagai Korban

Lebih dikenal dengan playing Victim, jika bercerita selalu perlu dikasihani dan betapa sukarnya menjalani kehidupannya serta tidak ada yang lebih sulit dari dirinya, seakan akan tidak ada kabar yang positif yang diungkapkan nya. Semua orang mempunyai masalah tapi bukan untuk dilebih lebihkan dan problema akan selalu hadir untuk diselesaikan dengan baik dan optimis. Orang orang yang optimis dan positif selalu lebih menyenangkan dari pada orang yang playing victim.

Terlalu sering up date di Sosmed

Aktualisasi di social media memang penting namun jangan berlebihan, Jika kita share hal hal yang bermanfaat buat orang lain adalah baik namun terkadang jika berlebihan menggunakan socal media bisa berdampak kurang baik seperti bangun tidur diposting, mau mandi dan setelah mandi diposting ,makan diposting, sholat diposting, berangkat ke kantor dan dijalan di posting semua sampai annoying, semua orang akan boring dan ilfil dengan personal seperti ini. Hal seperti itu harus dan wajib dihindari.

Sombong dan merendahkan orang lain

Merasa diri lebih dari orang lain dan cenderung merendahkan inilah kesombongan, orang sangat membenci pribadi seperti ini. Orang yang sombong tidak akan pernah dapat menghormati orang lain, semua akan dipandang rendah, Sombong adalah sifat utama yang paling di benci oleh sesama.

Berpikiran tertutup

Berlawanan dengan sikap open mind ini sering mengantarkan seseorang kepada sifat keras kepala. Seseorang yang bepikiran tertutup selalu menganggap dirinya yang paling benar dan tidak bisa menerima masukan atau pemikiran orang lain. Sifat yang sangat tidak menyenangkan inilah yang juga tidak disukai oleh orang disekitarnya dan akan dijauhi dari pergaulan. Orang seperti ini cenderung sulit untuk diajak berkomunikasi dan tidak menyenangkan bagi orang lain.

Itulah beberapa hal yang dapat membuat kita di jauhi oleh orang lain, ada juga hal  hal lain lanjutannya, Kita jumpa lagi ya di part 2.

 

See You On Top!

Yance Muchtar