Kekhawatiran Saat Mulai Beranjak Dewasa

“Takut tambah dewasa, takut aku kecewa, takut tak seindah yang kukira..”

Hallo YOTers gimana nih kabarnya? Semoga selalu sehat jasmani dan rohani.

Sepertinya lirik diatas itu familiar ya, lirik dari lagu idgitaf berjudul takut itu bisa menjadi lagu yang relate buat temen- temen yang sedang beranjak dewasa nih. Ketika kita sudah masuk umur 20 an terkadang muncul perasaaan cemas, bingung, sedih, bahkan takut gagal yang biasanya disebut QLC (Quarter Life Crisis). Biasanya perasaan tersebut datang karena banyak faktor juga seperti faktor finansial, hubungan keluarga, relasi, ataupun nilai-nilai yang sudah diyakini.

Ketika sudah beranjak dewasa dan memasuki ataupun pertengahan umur 20 an bermunculan pemikiran berbagai hal seperti khawatir masa depan tidak sesuai dengan yang diimpikan yang mana tentunya kita memiliki keinginan untuk mengejar mimpi, dan mnejalani hidup dengan stabil dan tenang, kemudian perbandingan diri dengan orang lain yang mana kita melihat teman atau orang lain bahagia dengan hidupnya dan kamu mulai mempertanyakan apakah pilihan yang selama ini kamu ambil adalah pilihan yang tepat, lalu tidak yakin dengan pekerjaan dan pasangan yang mana kamu merasa bingung untuk menentukan arah karir atau hubunganmu, sehingga kesulitan untuk mengambil keputusan.
Kegamangan dan juga keabu-abuan menjadikan sulit untuk mendapat kepastian akan hal itu. Apakah kamu pernah mengalami hal tersebut?

Kalau kamu merasakan perasaaan diatas, itu tidak apa-apa karena perasaan tersebut manusiawi dan apa yang kamu rasakan tersebut merupakan hal yang normal. Namun, kamu perlu ingat bahwa setiap orang membutuhkan waktunya masing-masing untuk tumbuh dan berkembang. Kamu bisa lakukan hal yang lain untuk mengurangi keresahanmu dan tidak terfokus hanya kepada kekhwatiran tersebut. Kamu bisa menyalurkan stres dengan melakukan hal yang kamu senangi, belajar keterampilan yang baru, bercerita dengan temanmu, dan optimis untuk selalu mengembangkan potensi yang ada dalam diri!
Semangat terus semuanya!!