Kenali Ciri-Ciri Polusi Udara Berikut ini!

Ciri-ciri polusi udara

Ciri-ciri polusi udara perlu kamu ketahui. Dengan mengenali ciri-cirinya kamu bisa mengidentifikasi adanya masalah polusi udara. Pencemaran udara tersebut jangan dianggap remeh, lho. Karena dari kondisi tersebut bisa menyebabkan kematian! Untuk itu, yuk simak artikel berikut ini untuk mengenali ciri-cirinya:

Ciri-Ciri Polusi Udara

Baca Juga

8 Dampak Terbesar Polusi Udara, Apa Saja?

Ciri-Ciri Polusi Udara: Kualitas Udara Buruk

Salah satu ciri yang paling jelas dari polusi udara adalah adanya penurunan kualitas udara. Udara terasa kotor, berbau, dan mungkin terlihat keruh.

Kabut atau Jarak Pandang Rendah

Polusi udara sering kali menghasilkan kabut atau jarak pandang yang rendah. Ini membuat pemandangan jauh terlihat samar dan mengganggu transportasi serta navigasi.

Aroma atau Bau yang Tidak Biasa

Pencemaran udara dapat menyebabkan bau yang tidak biasa atau tidak sedap yang berasal dari berbagai sumber seperti asap industri, kendaraan bermotor, atau bahan kimia tertentu.

Iritasi Saluran Pernapasan

Paparan polusi udara dapat menyebabkan gejala iritasi pada saluran pernapasan seperti mata berair, hidung berlendir, atau batuk-batuk.

*Keterpaparan Partikel Terlihat

Pada tingkat polusi yang lebih tinggi, partikel-partikel polutan dalam udara seperti debu halus atau asap bisa terlihat dengan mata telanjang.

Peningkatan Gejala Pernapasan

Peningkatan polusi udara sering kali diikuti oleh peningkatan gejala pernapasan seperti batuk, sesak napas, dan peningkatan frekuensi serangan asma pada penderita asma.

Perubahan Warna Bangunan

Bangunan dan benda-benda di lingkungan dapat mengalami perubahan warna atau kerusakan akibat paparan polutan udara.

Efek pada Tanaman

Daun-daun tanaman yang terpapar polusi udara dapat mengalami kerusakan, perubahan warna, atau bahkan mati.

Penurunan Kualitas Air dan Perairan

Polusi udara dapat menyebabkan pencemaran air dan perairan karena partikel-partikel polutan dapat jatuh dan mencemari sumber air.

Peningkatan Tingkat Penyakit

Meningkatnya kasus penyakit pernapasan, penyakit jantung, dan gangguan kesehatan lainnya pada masyarakat merupakan indikator adanya polusi udara yang signifikan.

Nah, itu dia tadi beberapa ciri-ciri polusi udara. Buat kamu yang ingin meluangkan waktu untuk kegiatan produktif, yuk ikuti event Bedah Buku dari YOT di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.