Kenali Tanda “Red Flag” dalam Kantor, Yakin Resign?

YOTers, kamu harus tahu ada kantor yang memiliki budaya tidak sehat di dalamnya. Red flag bahasa anak jaman sekarang. Memang tidak bisa kita generalisasikan, namun budaya tidak sehat bisa bikin kamu sulit berkembang nantinya. Tak jarang banyak yang terjebak dalam lingkungan negatif sehingga frustasi dan berakibat pada kesehatan mental.

Adapun apa saja ya ciri-ciri red flag dalam kantor yang harus kamu ketahui?

  1. Karyawan banyak yang cabut

Jika yang resign hanya satu dua orang apalagi alasannya karena keluarga atau memang sudah tua, itu masih patut dipertimbangkan. Namun berbeda jika yang resign sampai setengahnya dalam jangka waktu yang dekat dengan alasan yang kurang lebih sama. Dapat pekerjaan baru, ingin cari pengalaman lain atau ada yang blak-blakan kalau di kantor sekarang lingkungannya lebih sehat. Kalau sudah seperti ini pasti ada sesuatu dengan kantor tersebut.

  1. Jobdesc yang kemana-mana

Ini menjadi salah satu alasan karyawan banyak yang resign. Kerjaan yang diberikan tidak sesuai jobdesc dan KPI/Key Performance Indicator. Kemudian sudah niat mau tenggo (teng langsung go/pulang tepat waktu) malah diberikan task baru dan harus selesai sebelum jam lima.

  1. Gaji yang gak transparan

Namanya uang pasti selalu sensitif ya YOTers, begitu juga dengan kontrak kerja sebuah perusahaan yang harus terkontrol. Harus terbuka pada seluruh jajaran internal perusahaan. Jika hal ini tidak jelas, sulit untuk karyawan percaya sehingga berakhir dengan hubungan tak harmonis.

  1. Beban kerja yang kok kerja mulu

Rasa-rasanya sudah kerja nine to five tapi kenapa masih saja diteror malam hari ya? Apalagi kalau tiba-tiba disuruh bikin laporan dan segera presentasi di hari senin. Apa kabar weekend kita?

  1. Kantornya lalai dengan kewajiban

Megnurus BPJS ketenaga kerjaan itu penting banget loh. Hal ini adalah salah satu program dalam menyejahterakan karyawan. Kalau hal krusial seperti ini saja lalai, gimana kewajiban yang lain?

YOTers, perusahaan tempat kamu bekerja ada indikasi di atas? Resign atau enggak tetap harus bertanggung jawab dengan pilihan ya YOTers.

Baca artikel lain di sini:

Tonton video inspiratif di sini:

Kamu ingin dapat motivasi dan inspirasi? Yuk tonton konten tentang self-development, tips karir, dan masih banyak lagi di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini!