Kendali Diri

Apakah kamu sering merasa khawatir?

Sepertinya ini adalah hal yang sering dialami oleh banyak orang, namun sulit untuk keluar dari kondisi tersebut dan berhenti untuk tidak khawatir.

Tapi sadar nggak sih kalau kita sering mengkhawatirkan hal-hal yang diluar kendali kita?

Apa saja yang diluar kendali kita? seperti  kesuksesan, kekayaan, kesehatan, cuaca, pendapat orang lain, jenis kelamin, etnis & agama ketika dilahirkan, dan segala sesuatu yang di luar pikiran dan tindakan kita.

Dalam kehidupan sehari-hari misalnya, kita sering khawatir terhadap hasil dari apa yang sedang kita lakukan sekarang. Contohnya ketika mengikuti suatu kompetisi atau perlombaan, lalu khawatir “nanti menang ngga ya? gimana kalau nanti kalah?” Mungkin sebagian dari kita berkata bahwa ini adalah sesuatu yang bisa kita kendalikan, jika kita berlatih keras maka akan menang. Tetapi pada saat perlombaan berlangsung ada sesuatu yang diluar kendali kita seperti cuaca, masalah teknis di lapangan, atau suasana hati juri pada saat itu juga bisa mempengaruhi hasil dari perlombaan tersebut.

Maka menang atau kalah adalah sesuatu yang diluar kendali kita. Misalnya kalah, sekuat apa pun kita berusaha tidak akan merubah kenyataan, ya bahwa kita memang kalah.

Kita boleh saja khawatir, tapi khawatirlah terhadap apa yang bisa kita kendalikan.

Apa saja yang bisa kita kendalikan? seperti persepsi kita sendiri, keinginan, tujuan kita, dan segala sesuatu yang merupakan pikiran dan tindakan kita sediri.

Dalam contoh diatas, yang perlu kita khawatirkan adalah proses kita dalam mempersiapkan kompetisi tersebut, berusaha dan berlatih adalah sesuatu yang dibawah kendali kita, berusaha sekuat tenaga. Dengan menyadari bahwa hasil terakhir berada di luar kendali kita, maka kita tidak akan meratapi kekalahan itu dalam waktu yang lama, karena kita tahu bahwa diri kita sudah melakukan yang terbaik.

Pada saat khawatir, cobalah untuk bertanya pada diri sendiri, “apakah ini sesuatu yang bisa ku kendalikan?” Jika ya, maka fokuslah terhadap itu. Tetapi jika tidak, berhentilah untuk khawatir.

Mengaplikasikan hal ini dalam kehidupan sehari-hari memanglah sulit. Kita sering mengharapkan segala sesuatu terjadi sesuai dengan apa yang sudah kita upayakan dan harapkan. Namun karena hidup adalah proses belajar tanpa henti, belajarlah untuk menerima bahwa ada hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan sebagai manusia, dan ini berlaku sama terhadap semua orang tanpa terkecuali, bukan berlaku untuk dirimu saja kok.

Selamat berproses 🙂