KOLABORASI MAHASISWA KKN 285 DESA KEBONREJO DENGAN DINAS PARIWISATA, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA DALAM MENGEMBANGKAN DESA WISATA SEBAGAI PENYOKONG WISATA CANDI BOROBUDUR

KKN UNS 285 Desa Kebonrejo menyelenggarakan Sosialisasi Persiapan Desa Wisata Terintegrasi Berbasis Masyarakat pada Senin, 15 Agustus 2022. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Krandan Ciblon Papringan (KCP) yang merupakan cikal bakal wisata yang sedang dibangun di Desa Kebonrejo. Peserta KKN UNS 285 berhasil menggandeng Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (DISPARPORA) Kabupaten Magelang sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut.

Desa Kebonrejo berada di lingkup zona wisata Candi Borobudur, sehingga memerlukan pembangunan lebih lanjut di sisi wisata baik pembangunan fisik dan kesiapan masyarakat. Dalam mewujudkan adanya desa wisata, masyarakat merupakan bagian penting karena keberjalanan desa wisata tidak luput dari partisipasi aktif masyarakat. Kebutuhan homestay, sikap masyarakat dalam menerima wisatawan dan ketersediaan kebutuhan wisata lainnya perlu dipersiapkan dengan matang melalui adanya kegiatan sosialisasi ini.

Sosialisasi ini mengundang Bp. Gunawan Andi sebagai pembicara dari DISPARPORA Kab. Magelang dan dihadiri oleh Kepala Desa Kebonrejo, pengelola wisata Krandan Ciblon papringan (KCP) dan 50 partisipan dari warga Dusun Krandan, Desa Kebonrejo

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kab. Magelang, Bp. Gunawan Andi menyampaikan bahwa Desa perlu memanfaatkan potensi lokal yang ada sebagai daya tarik yang dapat dijual kepada wisatawan. Salah satunya dengan memafaatkan saluran irigasi yang melintas sepanjang Desa kebonrejo sebagai sarana tubing yang menarik wisatawan. Dengan dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi Persiapan Desa Wisata Terintegrasi Berbasis Masyarakat, harapannya masyarakat menjadi lebih siap dalam mewujudkan Desa Kebonrejo sebagai Desa Wisata penyokong Wisata Candi Borobudur.

 

cc/yotsolo