Kota Pemilik Kualitas Terbaik di Indonesia

Halo YOTers!
Daerah dapat dikatakan sebagai kota yang bersih jika memiliki kualitas udara yang baik. Upaya mewujudkannya, kita dapat mengurangi jumlah kendaraan bermotor, mengurangi penggunaan plastik, dan lainnya. Demikian daerah tersebut memiliki kualitas udara yang bagus dan dapat dinikmati oleh para wisatawan yang akan datang. Berikut ini adalah kota yang memiliki kualitas udara yang baik di Indonesia:

Kuta, Bali
Kota yang satu ini memiliki indeks kualitas udara atau AQI hanya 1. Artinya, pencemaran udara di wilayah ini sangat minim. Nilai polutan utama di Kuta, Bali pun sangat kecil yaitu PM2,5 yang mana memenuhi panduan kualitas udara tahunan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Tanjung Palas, Kalimantan Utara
Kota kedua dengan indeks kualitas udara terbaik di Indonesia adalah di Tanjung Palas, Kalimantan Utara. AQI di kota ini tercatat di level 4. Wilayah ini diketahui masih cukup asri dan berada di kawasan pegunungan namun dekat juga dari pantai.

Tanjung pinang, Kepulauan Riau
Daerah perbukitan yang satu ini tercatat AQI-nya di level 7. Status warnanya di IQAir pun hijau yang menandakan bahwa Tanjungpinang, Kepulauan Riau, punya kualitas udara yang baik. Namun, bicara soal polutan utama, nilainya PM10 yang terbilang tidak cukup baik.

Ambon, Maluku
Wilayah Indonesia bagian Timur pun masuk dalam daftar kota dengan kualitas udara terbaik. Ambon, Maluku, mencatat AQI di level 9. Bicara tentang nilai polutan utama, Ambon ada di PM2,5 yang artinya polusi udara di sana sangat kecil.

Kupang, Nusa Tenggara Timur
Masih di Indonesia bagian timur, nama kota lain yang memiliki kualitas udara terbaik adalah Kupang, Nusa Tenggara Timur. AQI di Kupang tercatat di level 10. Kupang pun punya level polutan utama di PM10.

Untuk menjaga kualitas udara yang baik dan bersih tentunya perlu adanya kontribusi dari semua elemen masyarakat. Jadi yuk YOTers kita sama-sama membangun kualitas udara yang baik di seluruh kota Indonesia.