Kunci Hidup Bahagia dengan Mengenal Diri Sendiri

Hallo YOTers gimana nih kabarnya? Sudah bahagiakah hari ini???
Semoga selalu bahagia dalam menjalankan aktifitas ya

Tau nggak yoters kunci hidup bahagia itu apa??
Ternyata untuk hidup bahagia sangatlah mudah, ya dengan mengenali diri sendiri kamu akan merasakan kebahagiaan loo, dengan memahami siapa sebenarnya diri kamu, potensi serta bakat yang selama ini terpendam dapat dikembangkan secara baik untuk kebaikan diri kamu ke depannya.

Arah dalam hidup juga lebih mudah kamu temukan sehingga tidak ada lagi bimbang yang menghantui. Sayangnya, mengenali diri sendiri tidaklah semudah seperti yang diucapkan.
Seringkali kamu masih dibuat ragu ketika dikelilingi oleh suara-suara sumbang dari orang lain, sekalipun menentukan pilihan untuk diri kamu sendiri. Jika hal ini terus diabaikan, kamu malah akan kehilangan jati diri dan selamanya bergantung dengan orang lain.

Berikut adalah cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengenali diri sendiri!

1. Menentukan Goals dan Misi Dalam Hidupmu
Menjalani hidup tanpa memiliki sebuah goals serta misi yang ingin dicapai sama halnya berjalan tanpa adanya tujuan. Lalu bagaimana bisa kamu mengenali diri sendiri jika tujuan saja tidak ada? luangkan waktu sejenak untuk mengingat kembali adakah peristiwa ataupun seseorang yang membuatmu merasa kagum dan sulit untuk dilupakan. Hal tersebut dapat kamu jadikan sebuah clue dalam menjawab apa dan bagaimana sebenarnya kepuasan yang diinginkan. Kemudian, tentukan langkah yang harus dilakukan dengan berpegang pada keinginan serta identitas yang sudah kamu temukan.

2. Mengenali Kepribadian yang Melekat pada Diri Kamu
Pada dasarnya setiap orang memiliki sebuah keunikan atau ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan orang lain. Jika dirasa masih terdapat keraguan dalam memahami kepribadian diri, kamu dapat memilih berbagai opsi dapat menemukan jawabannya. Seperti misal mengikuti tes kepribadian atau mungkin berkonsultasi langsung terhadap ahli yang terpercaya. Pahami apa yang melekat dalam diri dan temukan diri kamu yang sebenarnya.

3. Pahami Nilai yang Kamu Junjung
Beragam tindakan sederhana seperti menghormati orang lain, memberikan bantuan atau sekadar menjaga kesehatan, juga pandanganmu akan sesuatu, sebenarnya menjadi sebuah nilai yang seringkali tidak kamu sadari. Perilaku yang dilakukan secara berulang cenderung membentuk sebuah pola tersendiri dalam menentukan sebuah keputusan. Dari sinilah kamu dapat melihat dengan jelas tentang diri kamu. Semakin nilai tersebut kamu pahami maka akan semakin positif pula hidup yang kamu jalani. Seperti dilansir dari laman Psychology Today, berpegang teguh pada nilai dapat memberikan motivasi dan segala tindakan terasa lebih sehat. Jadi, yuk cari tahu dahulu nilai apa yang kamu junjung ya.

4. Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Dalam Diri
Proses mengenali diri sendiri tidak bisa dipisahkan dari bagaimana kamu menganalisis kelebihan dan kekurangan yang terpendam dalam diri kamu. Sebagai langkah utama, menyadari potensi serta kelemahan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam memilah apa yang harus kamu kembangkan di kemudian hari. langkah termudah dalam mengindentifikasi kekuatan serta kelemahan ialah menyusun tulisan dengan konsep SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats). Tuliskan segala output yang kamu dapatkan setiap kali melakukan sebuah percobaan. Selain menemukan diri sendiri, hal ini dapat menjadi sebuah motivasi tersendiri agar terus berkembang ke arah yang lebih baik.

5. Membuat Catatan Kecil tentang Diri Kamu
Walaupun terdengar biasa, rutin menulis catatan dapat membantu kamu mengetahui perasaan yang sebenarnya kamu rasakan. Dari tulisan tersebut, akan ditemukan sebuah pola perilaku yang dilakukan secara berulang yang dimana menjadi sebuah kebiasaan atau ciri khas dari diri kamu. Mulailah untuk menulis segala yang telah kamu lalui di setiap harinya. Berikan penjelasan pula tentang apa yang kamu rasakan dari hal tersebut dan bagaimana kamu menyikapinya. Semakin banyak tulisan yang kamu buat, maka akan semakin mudah pula kamu mengenali diri sendiri.

6. Belajar Mengelola Emosi

Pada dasarnya, setiap manusia memiliki beragam emosi yang dirasakannya setiap kali mendapatkan perlakuan dari orang lain. Sayangnya, kerap kali kamu tidak bisa mengartikan secara jelas tentang apa yang harus dilakukan atas perasaan atau emosi tersebut. untuk mengenali diri sendiri, cobalah untuk memahami emosi seperti apa yang kamu sedang rasakan. Susun kembali memori tentang segala perlakuan yang membuatmu senang, sedih ataupun kecewa. Hal ini dapat membantu kamu mengelola emosi sehingga dapat mengambil tindakan yang tepat dalam menyikapi sesuatu.