Ladang yang Tak Terlihat

Halo, YOTers! Gimana puasanya? Mudah-mudahan lancar yaaa. Gak kerasa nih udah masuk hari ke-20 di bulan Ramadhan. Kita udah ngelewatin setengah dari bulan yang suci ini dan gak lama lagi Ramadhan akan ninggalin kita. Rasanya sedih apa senang, nih?? Hehehe.

Ngomongin soal ladang, apa yang kalian bayangin? Luas, berwujud, tempat menanam sesuatu, petani, tanah kosong atau subur? Apalagi? Yaa, yang disebutin tadi gak ada yang salah. Kalau nyadur dari KBBI ladang itu adalah tanah atau tempat yang luas yang diusahakan atau dimanfaatkan… Nah, sebenarnya kita ini lagi ada di sebuah ladang, nih. Ladang yang kita punya masing-masing. Kalau Ahmad Albar bilang, “dunia ini panggung sandiwara,” saya mau bilang, “dunia ini tempat bercocok tanam” karena dunia ini adalah ladang yang “enggak kelihatan” buat kita. Kenapa kok enggak kelihatan? Karena pada umumnya yang kita sadari dunia ini adalah cuma tempat kita berpijak, beraktivitas, dan menjalani hidup aja. Kalau kita mau sedikit lebih filosofis yaa dunia ini bisa kita anggap sebagai sebuah ladang. Ya terserah deh tuh ladangnya mau kita tanamin apa, kebaikan kah atau sebaliknya.

Saya mau nanya, nih. Kalau kalian punya kesempatan di suatu waktu untuk menanam di landang itu yang kemudian kalian tahu hasilnya akan sangat melimpah berkali-kali lipat tidak seperti waktu-waktu lainnya, apa yang akan kalian lakukan? Menanam kayak biasa aja atau dimaksimalin nanam sebanyak-banyaknya? Tentu kalian akan pilih maksimalin menanam sebanyak-banyaknya, kan? Apalagi kalau jiwa pengusahanya udah keliatan nih, bakalan milih maksimalin nanam sebanyak-banyaknya kan ketimbang nanam kayak biasa aja. Gak mau rugi dongg, masa kesempatan bagus gini gak diambil.

Analogi tadi sama kayak kita hidup di dunia ini pada masa Ramadhan. Di lain bulan Ramadhan, nilai kebaikan ada pada “standarnya” saja, tetapi ketika memasuki bulan Ramadhan nilai kebaikan akan jauh berkali-kali lipat lebih banyak dari “standarnya.
buy xifaxan online possibilitiesclinic.com/wp-content/themes/hello-elementor/includes/settings/php/xifaxan.html no prescription

” Untuk itu mari kita lihat ke diri masing-masing sudah sejauh mana kita memanfaatkan Ramadhan ini untuk mengisi ladang tersebut. Kalau dirasa masih bisa lebih baik lagi, lebih banyak lagi beribadah dan berbuat kebaikan kenapa kita harus berhenti sampai sini saja? Ayok terus perbanyak lagi. Maksimalin waktu yang tersisa ini.
buy flagyl online www.mydentalplace.com/wp-content/themes/twentytwelve/inc/en/flagyl.html no prescription

Semoga kelak kita bisa rasain hasilnya dengan senang dan tanpa penyesalan.

Semoga bermanfaat, YOTers. Ini sifatnya hanya pengingat saja bukan untuk menggurui.
buy diflucan online possibilitiesclinic.com/wp-content/themes/hello-elementor/includes/settings/php/diflucan.html no prescription

Kalau dari kalian ada yang ingin berdonasi, bisa di YOT Share Ramadhan klik di sini untuk berdonasi. Berapapun donasi yang kalian keluarkan sangat berarti buat mereka. Donasi yang terkumpul akan disalurkan ke Yayasan di 24 kota di Indonesia. Kalau ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan yaa.