LEAD BY EXAMPLE FOR A BETTER BUSINESS

“Leadership is not a position or a title, it is action and example”

Apasih maksud quotes diatas YOTers? Apakah leader itu selalu berperan memberi perintah? Atau hanya sekedar mengoreksi jika ada kesalahan saja?
buy symbicort online www.supremecare.co.uk/css/cssbkup/css/symbicort.html no prescription

Tentu saja tidak! Pemimpin atau leader yang baik adalah leader yang selalu berusaha untuk memberikan contoh yang baik bagi bawahannya atau bagi tim kerjanya, yang sering disebut dengan Leading by Example.

Hal ini sangat terasa ketika seorang entrepreneur fokus dalam menggerakkan orang-orang dalam perusahaan untuk mencapai tujuan layaknya seperti yang mereka lakukan sendiri.
buy zithromax online www.supremecare.co.uk/css/cssbkup/css/zithromax.html no prescription

Tentu diharapkan seorang entrepeneur bisa melakukan “copy paste” dirinya dalam menjalankan setiap pekerjaan. Disinilah peran dari leading by example yaitu bagaimana seorang leader bisa memberikan contoh atas apa yang menjadi keputusan dan setiap kebijakan yang dibuat di perusahaan.
buy cialis online herbalshifa.co.uk/wp-content/themes/twentytwentytwo/inc/patterns/en/cialis.html no prescription

Leading by example ini dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu pertama, dari bagaimana seorang entrepreneur dalam berfikir. Cara berfikir seorang entrepreneur yang harus juga dimiliki oleh bawahan adalah bagaimana mereka benar-benar melihat proses berfikir seorang owner dalam menjalankan bisnis. Fikiran utamanya adalah bagaimana fokus pada pencapaian tujuan bisnis.

Kedua, bagaimana seorang entrepeneur berucap. Kualitas seorang entrepreneur itu akan dilihat pada bagaimana mereka berucap. Gunakanlah bahasa yang tepat, baik bahasa verbal maupun non verbal yang bisa diterima secara etika oleh bawahan. Jangan berucap hal-hal yang tidak pantas karena leader itu akan ditiru oleh bawahannya.

Ketiga bagaimana seorang entrepreneur itu bertindak. Tindakan ini mencerminkan bagaimana entrepeneur menjalankan apa yang sudah ditetapkan oleh ucapannya. Jangan pernah tidak sesuai antara ucapan dengan tindakan.

Ketiga aspek ini harus benar-benar dijaga oleh entrepreneur dalam menjalankan peran sebagai leader by example agar bisa benar-benar bisa memberikan pengaruh yang optimal kepada anggota tim dalam bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan. oleh karena itu, fokuslah untuk menjadi seorang leader dengan menjalankan leading by example untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

-Yumna Linta-