Lebih Banyak Berbagi di Era Pandemic? ko bisa?

Hi YOTers,

Apa kabar ni? semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Hari ini tepatnya hari Minggu, 12 Juli 2020 pukul 08.00 saya menulis artikel ini. Sesuai dengan tema diatas, kali ini saya ingin sharing bagaimana pengalaman saya meningkatkan sedekah di era krisis ekonomi pandemic seperti sekarang ini

ketika PSBB diterapkan tepatnya 14 Maret 2020, artinya sudah 4 bulan saya hanya WFH dan masih berlanjut sampai batas waktu yang belum ditentukan. Banyak sekali yang berubah, mulai dari kebiasaan bekerja, kebiasan berolahraga sampai kebiasaan dalam mengeluarkan uang.

Dimulai dari apa saja pengeluaran yang biasa dikeluarkan pada era sebelum pandemic perbulanya

  • bensin dan tol 4 juta
  • ngopi 3 juta
  • lunch dan dinner 8 juta
  • belanja baju, sepatu dan tas 5 juta
  • sedekah XX juta

Kalau ditotalkan berarti 20 juta perbulan. Nah sekarang dimasa pandemic ini tentunya yang kita keluarkan hanya untuk grocery saja yaitu senilai 5 juta. Artinya ada penghematan sekitar 15 juta rupiah perbulan.

Lalu bagaimana saya mengalokasikan penghematan tersebut? saya hanya gunakan untuk membantu saudara-saudara saya yang terkena dampak dari pandemic ini. Karena jujur pandemic ini sangat membuat perekenomian saudara saya sangat terganggu, karena tidak adanya penghasilan selama PSBB tersebut. Begitu juga dengan beberapa bisnis saya, terkena dampak yang sangat signigfikan, tapi bukan berarti saya tutup mata atas apa yang dialami oleh saudara-saudara saya.

Saya sangat bersyukur sampai saat ini saya masih punya penghasilan tetap dari perusahaan dan yang paling utama dari saya trading saham harian yang nilainya cukup untuk menutupi semua defisit dari beberapa bisnis saya tersebut. Karena saya sadar, saat ini yang diperlukan oleh semua orang yaitu bisa survive dikonsisi seperti sekarang, dan sayapun harus mengesampingkan ego pribadi saya untuk menabung dari penghematan ataupun dari profit bermain saham tersebut untuk membantu saudara saya, dan itu membuat saya jauh lebih bahagia hingga saat ini.

So, YOTers. saya percaya bahwa kita masih bisa berbagi apapun dikondisi sesulit apapun, karena tuhan pasti memberikan kemudahan untuk kita.

Yuk, mulai berbagi dengan apa yang bisa kita bagikan untuk membuat orang lain bahagia atas keberadaan kita

 

See You ON TOP

Riki Son