Life Your Live Without Limits

Bagi saya mempunyai Dream and Think Big adalah salah satu pilar kesuksesan yang wajib dimiliki setiap orang.

Tapi gimana cara melakukannya?

Dream & Think Big berarti bisa bermimpi dan membayangkan apa yang bisa kita capai pada skala yang luar biasa: TANPA BATAS untuk selalu berpikiran terbuka, positif, kreatif, dan melihat peluang dalam skala besar.

Ada kutipan menarik dari buku yang ditulis Tony Robbins yang berjudul “Awaken the Giant Within”, “Kebanyakan orang merasa puas dari apa yang bisa mereka capai dalam setahun dan meremehkan rencana jangka panjang dalam sepuluh tahun!”

Kalau kita meremehkan apa yang bisa kita capai dalam jangka panjang, secara tidak langsung kita juga meremehkan kemampuan kita dan menurunkan target ke tingkat yang lebih rendah yang dapat dengan mudah kita capai. Harapan, standar, dan hasil kita juga akan menurun.

Orang sukses mempunyai impian tinggi dan berpikir besar. Pikiran manusia memiliki kemampuan secara otomatis memprioritaskan apa yang penting kalau targetnya cukup tinggi dan terdefinisi dengan baik.

Kita bisa melihat proyek Apollo dan tujuannya pergi ke bulan yang pada saat itu diyakini sangat mustahil. Sebaliknya tujuan yang lebih rendah, gagal menginspirasi banyak orang dan mungkin tidak akan pernah tercapai.

Jauh lebih mudah untuk sukses dengan berpikir besar, daripada berpikir kecil. Kenapa? Karena kompetisi di skala atas lebih sedikit daripada di bagian bawah, jadi lebih menguntungkan untuk menjadi besar dan meraihnya.

Lalu gimana cara Dream & Think Big?

  • Tidak takut untuk berpikir positif

Pikiran negatif atau takut menghadapi tantangan dapat membuat pikiran kecil. Hilangkan kata TIDAK MUNGKIN. Dengan berpikir besar, kita bisa melihat masalah sebagai tantangan, dan peluang yang bisa menjadi sebuah solusi.

  • Bayangkan masa depan

Berpikir besar bisa dimulai dengan membayangkan apa yang mungkin terjadi di masa depan yang bisa menjadi dorongan untuk mewujudkannya.

  • Ajukan pertanyaan BESAR

Coba bertanya pada diri sendiri dan orang lain tentang sesuatu yang menantang, seperti:

Kalau ada satu hal yang bisa diubah tentang dunia, apakah itu?

Kalau punya semua waktu di dunia, apa yang akan dilakukan?

Umpan balik dari orang lain tentang pertanyaan besar seperti itu sangat berharga. Para pemimpin lebih banyak meminta saran daripada memberikan, dan itulah cara mereka membuat berbagai ide yang dapat mengubah dunia.

  • Kreatif dengan bermimpi besar

Percayalah keyakinan kita menentukan besarnya kesuksesan kita. Coba untuk berimajinasi, jadi biarkan ide-ide kreatif mengalir, catat ide terbesar dan berkonsentrasi pada hal itu dan jangan menyerah sampai menjadi kenyataan. Bermimpi besar menambah keyakinan kita untuk selalu bersemangat mewujudkannya.

  • Menetapkan target jangka panjang

Intinya yaitu fokus ke apa yang diinginkan, dan wujudkan. Pasti tercapai. Orang sukses melakukan segala yang mereka bisa untuk mencapai targetnya.

  • Menginspirasi orang di sekitar

Kemampuan menginspirasi orang lain adalah kuncinya: kalau kita berpikir besar, semakin banyak orang yang termotivasi. Walaupun memang tidak mudah membuat orang di sekitar bergabung dengan ide besar kita. Tapi melalui media sosial, ide-ide besar bisa cepat menyebar dan menginspirasi orang lain untuk membantu mewujudkannya.

  • Lakukan

Tujuan dari mimpi itu untuk dicapai. Coba lakukan setiap hari hal positif walaupun cuma menghabiskan waktu 15 menit per hari.

  • Percaya Diri

YAKIN itu bagian terpenting untuk mencapai sesuatu yang besar. Kalau kita yakin itu bisa terjadi, pasti bakal terjadi. Percaya diri kalau kita bisa melakukannya!

Jangan pernah meremehkan kekuatan pikiran kita. Semua penemuan dimulai dari ide besar yang mungkin mustahil, tapi pada akhirnya bisa mengubah dunia. Mereka menjadi pemimpin dan inovator karena berpikir besar, dari biasa menjadi luar biasa.

Kita bisa berlatih mempraktikkan pemikiran ini, dan bertindak. Jangan membatasi mimpi. Lakukan dengan lebih besar dan lebih baik untuk mencapai impian itu. Perluas pemikiran dan wawasan untuk memotivasi diri sendiri dan orang lain. Make it happen!

KALAU DARI AWAL KITA SUDAH BILANG “NGGA MUNGKIN” ATAU “SUSAH”, KEMUNGKINAN BESAR KETIKA MENCOBANYA KITA AKAN GAGAL ATAU MERASA HAL ITU SUSAH BANGET –BILLY BOEN