Makanan Kekinian Yang Ternyata Bahaya Jika Dikonsumsi

Hallo YOTers!

YOTers pernah ngga sih makan ice sream Smoke yang kekinian itu? Atau YOTers hanya sekedar tau kalau itu ice cream smoke, tapi belum pernah nyobain rasanya kayak gimana? Buat yang belum pernah ngerasain ice cream smoke bisa banget baca penjelasan artikel ini sebelum YOTers beli. Soalnya dalam Artikel kali ini itu bakalan membahas mengenai pengertian ice cream smoke. Bukan hanya pengertiannya aja YOTers, tapi juga bakalan ada pembahasan mengenai bahayanya mengkonsumsi ice cream smoke. Jadi, YOTers harus baca artikel ini sampai selesai ya.

Apa sih Ice Cream Smoke itu YOTers?
Ice cream smoke merupakan snack atau camilan kekinian yang ketika dimasukkan ke dalam mulut yang kemudian saat mulut terbuka maka akan menyemburkan asap atau uap berwarna putih. Hal tersebut bisa terjadi, karena efek  ice smoke yang juga disebut sebagai dragon breath.

YOTers pasti bertanya-tanya, mengenai asap atau uap yang bisa keluar dari mulut itu disebabkan karena apa. Asap atau uap bisa dikeluarkan dari mulut karena terdapat netrogen cair yang dilapisi dalam sereal. Nitrogen cair adalah nitrogen yang berada dalam keadaan cair pada suhu yang sangat rendah, yang berupa cairan jernih tidak berwarna dengan massa jenis 0,0807 g/mL pada titik didihnya dan tetapan dielektrik 1,43. Dalam dunia medis, Nitrogen Cair biasanya dimanfaatkan untuk beberapa prosedur pengobatan dan salah satunya adalah terapi beku atau krioterapi. Selain itu, nitrogen cair juga sering dipakai untuk mengawetkan berbagai bagian tubuh manusia, seperti sel darah, sumsum tulang, sperma, sel telur, dan embrio.

Kalau dilihat dari pemanfaatan dalam dunia medis, nitrogen cair tidak layak untuk dikonsumsi. Sebenarnya aman ngga sih nitrogen cair utu dimakan?
Jawabannnya itu tidak aman, karena meskipun nitrogen cair tidak beracun akan tetapi dapat merusak organ interna dan  kerusakan parah pada kulit jika salah penanganan atau tidak sengaja ditelan. Apalagi kalau semisal YOTers tidak sengaja menghirup uap nitrogen dari ice cream smoke yang baru saja disajikan dapat menyebabkan kesulitan bernafas terutama bagi orang yang mengidap penyakit asma.

Meski tampilan es cream smoke terlihat menarik, makanan yang mengandung nitrogen cair ini ternyata dianggap berbahaya oleh Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Amerika Serikat (AS). Hal tersebut sudah diingatkan oleh akun Instagram ‘Now This Food’ yang mengunggah berbagai informasi mengenai kuliner termasuk yang berkaitan dengan kesehatan lewat unggahan pada 29 Desember 2018. Pada unggahan tersebut dituliskan kalau FDA pada September 2018 mengeluarkan peringatan keamanan konsumen tentang bahaya potensial mengkonsumsi makanan yang disajikan dengan nitrogen cair.

Menurut FDA nitrogen cair dapat membekukan makanan yang menghasilkan suhu yang sangat rendah.

Suhu yang sangat rendah dapat menimbulkan risiko cedera pada konsumen. FDA mengatakan cedera serius, termasuk kerusakan organ internal dapat terjadi akibat makan makanan seperti es krim, sereal, atau koktail yang setelah ditambahkan nitrogen cair pada makanan tersebut. FDA melalui Peter Cassell dalam sebuah pernyataan tertulis, akan bekerja dengan para pemangku kepentingan untuk lebih memahami penggunaan nitrogen cair dalam makanan. FDA. Mereka yang mengalami cedera karena mengonsumsi makanan dengan nitrogen cair dianjurkan untuk melaporkan kepada FDA.

Ahli Gizi, Ati Nirwanawati memberikan penjelasan soal jajanan yang mengandung nitrogen cair itu. Dia mengatakan makanan mengandung nitrogen cair dapat menyebabkan radang dingin dan luka bakar pada beberapa jaringan lunak tubuh, seperti kulit. Apabila terpaksa ingin mengkonsumsinya maka usahakan cairannya menguap dan jangan sampai tertelan. Karena jika tertelan sangat berbahaya pada lambung dan usus. Untuk lebih aman lagi, masyarakat sebaiknya tidak mengkonsumsi ice cream smoke. Boleh mengkonsumsi jika makanan ice cream smoke tidak mengandung nitrogen cair.

Warga Desa Bajang mebgalami kasus terbakar akibat membeli ice cream smoke yang mengandung nitrogen cair. Anak yang mengalami kasus terbakar akibat makan ice cream smoke bermula saat ingin membeli ice cream smoke. Dari penjelasan bapak korban jika anaknya meminta dibelikan ice cream smoke saat hendak menonton acara reog di Desa Ngasinan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo. Belum beranjak dari tempat penjualan ice cream smoke, satu menit kemudian, jajanan yang dipegang anak itu tiba-tiba keluar api, sehingga langsung membakar bakar anak tersebut. Bapak dari anak tersebut spontan mematikan api dengan menggunakan tangan. Setelah itu, baju yang dikenakan korban di lepas. Baru kemudian dibawa ke Puskesmas. Akan tetapi puskesmas tidak sanggup. Karena Puskesmas beralasan jika obatnya kosong dan menyuruh membawa ke rumah sakit. Diagnosa dari UGD korban mengalami luka bakar kombosio grade 2. Kondisinya adalah luka bakar sekitar 30 persen. Yang saat  itu ditangani oleh dokter spesialis bedah. Kasus ini sempat ditangani oleh Kanit Pidana Umum (Pidum) Satreskrim Polres Ponorogo, Ipda Guling Sunaka. Namun, kedua belah pihak menyatakan sepakat menempuh jalan damai untuk menyelesaikan perkara tersebut. Pihak penjual menyatakan siap membiayai secara keseluruhan hingga korban sembuh total.

Dari artikel ini, YOTers harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Meski makanan tersebut menarik untuk dikonsumsi, YOTers harus tau apa makanan tersebut berbahaya atau tidak saat dikonsumsi. Jadi, YOTers jangan asal beli makanan karena makanan tersebut kekinian. Tapi YOTers harus bijak dalam memilih makanan yang tidak berbahaya bagi tubuh. Sebaiknya pilih makanan yang benar-benar aman dan terjamin kesehatannya. Mungkin itu dulu yang bisa disampaikan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat YOTers, See You On The Next Artikel!

  1. Penulis: Yesy Noviantari

Sumber foto:
• liputan6.com
• Pikiran-Rakyat.com

Sumber Tulisan:
• https://www.merdeka.com/peristiwa/awas-bahaya-jajanan-ice-smoke-hot-issue.html
• https:///sains/read/2022/07/16/120200623/jajanan-ice-smoke-yang-disemprot-nitrogen-dingin-dan-berasap-waspada