Makanan Khas Kalimantan Barat yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Pontianak

Berbicara tentang budaya setiap daerah, tentu kita tidak bisa melewatkan perihal makanan khas daerah tersebut. Setiap daerah, tentu saja memiliki makanan khas daerahnya masing-masing, tergantung kebudayaan dari setiap daerah di dominasi oleh budaya tertentu. Seperti hal nya Pontianak yang kental akan budaya melayu dan tiongkok, akanan khas daerah tersebut juga tak jauh-jauh dari makanan berbau budaya melayu dan tiongkok tersebut. Berikut, adalah beberapa makanan khas Kalimantan Barat yang akan banyak kamu temui ketika berkunjung di Pontianak:

Choipan

https://manisdansedap.com/citarasakhatulistiwa/Choipan-2643


Siapa yang tak mengenal makanan khas Pontianak satu ini? Choipan atau yang lebih dikenal dengan nama lain Chai Kwe merupakan makanan khas pontianak yang terbuat dari tepung beras dengan isian yang biasanya tumisan bengkoang dengan cita rasa gurih, dan taburan bawang putih goreng di atasnya. Choipan biasanya disajikan bersama sambal cair sebagai cocolan. Makanan khas budaya tionghoa ini merupakan yang paling populer di Pontianak lho….

Bubur Pedas

https://www.kompas.com/food/read/2021/11/03/080600975/resep-bubur-pedas-kalimantan-bubur-sambas-yang-bergizi-


Bubur yang satu ini dijamin berbeda dengan bubur-buru biasanya. Bubur Pedas, makanan khas daerah Sambas yang bisa kamu temukan dengan mudah di Pontianak. Bubur yang terbuat dari campuran beras dan sayur-sayuran ini mungkin sekilas mirip dengan Bubur Manado yang juga dicampur dengan banyak sayuran. Yang membedakan, di Bubur Pedas ada satu bahan sayuran yang membuat wangi pada makanan ini khas, yaitu, daun kesum. Buat yang gak doyan sayur, dan ragu mau makan nya… tenang guys, rasa sayurnya gak berasa kok 😁.

Pengkang

https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/lemper-pengkang-gurihnya-dan-pedasnya-menggugah-selera/#:~:text=Lemper%20pengkang%2C%20berasal%20dari%20Desa,dengan%20dua%20bilah%20potongan%20bambu.


Sejatinya, Pengkang merupakan makanan sejenis lember. Hanya saja, bentuk dan isiannya berbeda. Pengkang sendiri merupakan makanan khas Pontianak yang terbuat dari beras ketan yang direbus bersama dengan santan. Sebelum itu, beras ketan terlebih dulu dibungkus dengan daun pisang dalam bentuk keruucut, dan diberi isian udang ebi sangrai – kalau lemper, kita sudah tahu dong isianya apa. Iyap, abon atau terkadang serundeng. Yang membuat unik, Pengkang direbus dengan menggabungkan dua buah Pengkang yang dijepit dengan bambu tipis. Pengkang biasanya disajikan bersamaan dengan rendang.

Kue Bingke

https://pesenmakan.trenasia.com/bingke-kue-khas-pontianak-yang-ngangenin


Selain choipan yang populer, Kue Bingke merupakan makanan khas pontianak yang juga populer. Kue dengan perisa manis dan tekstur rasa yang legit ini terbuat dari santan, telur, gula, dan sedikit tepung terigu. Bahan santan yang mendominasi ini membuat kue bingke memiliki rasa gurih juga manis bersamaan.

 

Jadi… temen-temen YOTers kalau ke Pontianak mau nyoba yang mana ni? Atau, udah pernah nyoba salah satu nya?

 

Author : Ismi Nur Wulandari