Makanan Sehat Bergizi yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Halo YOTers!
Udah tau belum kalau ada daftar makanan sehat yang wajib dikonsumsi setiap hari? Bisa dikonsumsi setiap hari karena memiliki kandungan yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Kalau belum tau, boleh di spill dan dijadikan referensi makanan YOTers dirumah.

Berikut daftar makanan sehat yang wajib dikonsumsi setiap hari:

A. Telur

merupakan sumber protein berkualitas tinggi, Satu butir telur memiliki sekitar 70 kalori dan 6 gram protein. Kuning telur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat menjaga kesehatan mata.

B. Ubi Jalar
Ubi jalar bekerja sebagai antioksidan, membersihkan radikal bebas pemicu penyakit. Satu Ubi jalar berukuran sedang menyediakan hampir 4x lipat nilai harian vitamin A yang direkomendasikan.

C. Brokoli
Brokoli mengandung vitamin A, C, dan K yang membantu kesehatan tulang serta folat. Brokoli menempati posisi teratas dari daftar makanan super karena memberikan dosis sulforaphane yang dapat menggagalkan kanker dengan memicu enzim detoksifikasi tubuh.

D. Oat
Oat adalah makanan pokok untuk sarapan yang berupa biji-bijian utuh dan oat polos tidak memiliki tambahan gula. Oat mengandung serat larut yang disebut beta glukan yang dapat membantu meningkatkan respons insulin dan mendukung juga mengurangi gula darah.

e. Bayam
Bayam merupakan makanan penuh nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan K serta beberapa serat, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin E. Sayuran bayam akan membantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko diabetes, dan membantu melawan kanker.

F. Alpukat
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan mengandung omega-9. Buah alpukat merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Sumber vitamin K yang baik penting untuk nutrisi kesehatan tulang.

G. Kacang
Kacang mengandung lemak tak jenuh ganda dan magnesium yang sehat untuk jantung. Senyawa antioksidan yang ditemukan dalam kacang-kacangan termasuk asam ellagic, resveratrol, dapat mengurangi kehausan tubuh akibat radikal bebas.

H. Jeruk
Jeruk adalah sumber vitamin C yang penting untuk memproduksi sel darah putih dan antibodi melawan infeksi. Jeruk dengan kandungan antioksidan yang kuat dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

I. Beri
Buah seperti stoberi, rasberi, dan bluberi adalah sumber serat yang baik. Serat membantu sistem pencernaan agar berjalan dengan baik dan baik untuk jatung. Bluberi memiliki serat dengan antisionin, antioksidan yang dapat membantu menjaga daya ingat yang tajam.

J. Yoghurt
Yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan usus dan kaya akan kalsium. Satu cangkir yoghurt menyediakan hampir setengah nilai kalsium harian yang direkomendasikan dengan fosfor, kalsium, vitamin B12, dan protein.

Jangan lupa tetap jaga kesehatan ya YOTers dengan cara makan makanan yang bergizi.
Salam sehat semuanya.