Masih Bandingin Diri Sendiri Dengan Orang Lain?

Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain.

Tampaknya kita sering mendengar kata-kata tersebut kan? Tapi yang namanya manusia, terkadang ada aja momen hal itu terjadi. Sebenarnya tidak terlalu salah juga, kalau tujuan atau hasil dari hal tersebut memang baik. Misal, agar kita menjadi lebih bersemangat menjalani hidup dan bersemangat untuk menuju apa yang kita tuju.

Namun yang perlu kita ingat bahwa tiap orang memiliki rencana dan tujuan yang berbada di dunia ini bukan? Coba kamu tanya dengan teman terdekat kamu, apakah tujuan mereka? pasti jawaban mereka berbeda dengan kamu bukan? Sangat disayangkan jika kita selalu membandingkan diri kita dengan orang lain, lalu menyalahkan diri sendiri karena belum mendapatkan pencapaian seperti mereka, hanya membuang-buang waktu.

Padahal yang perlu kita tau adalah start tiap orang itu berbeda, meskipun menurut kamu yang sukses itu seumuran dengan kamu, perlu kamu ingat juga bahwa proses tiap orang juga berbeda. Bisa saja ketika kamu tidur, mereka sedang belajar, bekerja, maupun menyusun rencana yang detil untuk besok hari. Mempersiapkan apa-apa saja yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan mereka.

Jangan bandingkan diri kamu dengan orang lain, namun bandingkan diri kamu ya dengan diri kamu sendiri.

Ya, yang perlu kamu bandingkan adalah bukan dengan orang lain, namun dengan diri kamu sendiri. Kamu yang tau apa saja kekurangan kamu, apa yang kamu butuhkan, apa yang kamu inginkan, apa yang ingin kamu capai. Lengkapi segala yang kamu butuhkan, itu sangat baik dan cukup.

Memang terkadang berat melakukan hal tersebut, aku dan kamu sama-sama tengah belajar dan berproses untuk melakukan hal tersebut. Memang lawan terberat adalah diri kita sendiri. Sebanyak apapun hal-hal dari luar diri kita yang menumpuki dengan motivasi dan quotes hebat, tetapi kita tidak melakukannya, akan sama saja.

Ingat, tujuan kamu dengan orang lain berbeda. Jangan sampai pernah menyalahkan diri kamu karena tidak bisa sama dengan pencapaian orang lain. Fokus dengan tujuan apa yang kamu miliki.

Kita akan memiliki apa yang pantas kita miliki, dan kita mampu untuk itu.

Mari berproses bersama-sama, jangan bandingkan diri kita dengan orang lain, melainkan bandingkan dengan diri sendiri.

(@ruhdi7)