Mau Resign Tapi Bingung Caranya, Intip 7 Solusi Ini!

Perkara resign memang membingungkan ya YOTers. Alasannya beragam, seperti tidak betah karena boss toxic atau suasana kantor yang sudah tidak lagi sehat. Seperti yang ada di artikel dengan sifat boss yang god complex dalam artikel ini atau suasana kantor yang red flag seperti di sini. Semua itu bisa jadi alasan kamu resign kok. Cuma ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Pertama jangan tinggalkan kantor sebelum kamu dapat kerjaan baru. Pastikan 100% kamu sudah diterima di kantor lain dan tinggal masuk. Karena resign tanpa persiapan yang matang akan membuat kamu kesulitan nantinya.

Kedua, kamu harus cek aturan resign di kantor, apakah ada penalty atau peraturan khusus. Apalagi untuk kamu yang sudah di kontrak dalam jangka waktu tertentu. Coba baca lagi perjanjian kerja antar perusahaan dan karyawan ya.

Ketiga, bicarakan dulu secara langsung dengan manager. Coba tanya pendapat dia tentang keputusan resign. Agar manager tidak kaget saat kamu memberikan surat. Karena mau tidak mau dampak dari kamu keluar adalah kinerja tim yang kamu tinggalkan.

Keempat, kirim surat resmi ke HRD untuk pemberitahuan. Biasanya HRD akan berdiskusi dengan atasan kamu, terkait pengganti dan tanggung jawab yang harus kamu selesaikan sebelum keluar.

Kelima, siapkan rencana transfer ilmu dan pekerjaan kee penanggung jawab yang ditunjuk. Ajari mereka dari dasar. Biasanya kita diberikan waktu one month notice, gunakan waktu itu sebaik mungkin.

Keenam, jaga komunikasi yang baik ke atasan dan rekan kerja. Mau bagaimana pun para atasan dan teman seperjuangan pernah hadir di hidup kita. Jangan putuskan komunikasi agar koneksi kita tetap terjalankan.

Terakhir, buat acara perpisahan yang berkesan. Berikan mereka kudapan anti-mainstream seperti buah, tunjukkan bakat terpendam, berikan mereka hadiah unik atau sekedar menulis email perpisahan untuk mereka.

Tonton video inspiratif di sini:

Kamu ingin dapat motivasi dan inspirasi? Yuk tonton konten tentang self-development, tips karir, dan masih banyak lagi di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini!