Melek Finansial Sejak Usia Muda?

Hi YOTers,

Dunia digital khususnya social media seperti sekarang ini tidak dipungkuri banyak membuat millennials ingin terlihat keren dengan posting segala hal yang mereka lakukan, tentunya supaya terlihat keren maka kita harus punya konten yang keren juga contoh seperti makan fancy di cafe/resto, belanja fashion/gadget, traveling dan masih banyak lagi. Namun, saya sendiri jarang lihat millennials posting konten mengenai bagaimana mereka menabung, investasi, beli aset dan lain-lain.

Nah, disini saya ingin sharing bagaimana cara saya memulai untuk menyisihkan pendapatan saya setiap bulannya dan apa manfaat yang saya dapetin sampai saat ini. Tahun 2006 tepatnya ketika saya duduk di tingkat dua kuliah, saya tertarik untuk membaca buku karyanya Safir Senduk dengan tema Siapa Bilang Jadi Karyawan Tidak Bisa Kaya, buku itulah cikal bakal saya memahami tentang financial management dan setelah itu berlanjut ke buku buku yang lebih advance lagi. Namun apalah artinya jika kita sudah memahami sebuah teori tanpa kita praktekan.

Tahun 2007 awal mula saya berkarir dan punya penghasilan sendiri saya mulai untuk menyisihkan pendapatan saya melalui tabungan yang tidak ada ATM nya, supaya saya tidak mudah untuk ambil. Setelah terkumpul cukup banyak saya ambil setengah untuk beli logam mulia dan begitu seterusnya sampai 3 tahun kemudian. Lalu bagaimana hingga sampai hari ini saya bisa membeli beberapa property, memiliki majority share di beberapa bisnis  dan aset saya lainnya, tentunya itu merupakan proses yang sudah saya mulai dari 12 tahun lalu, artinya tidak ada yang instan untuk mendapatkan passive income hingga saat ini, semua butuh ilmu, komitmen, konsistensi dan berani eksekusi.

Karena banyak sekali temen-temen saya yang minta saya share lebih detail mengenai financial management, maka saya memutuskan untuk live sharing pada tanggal 18 September melalui aplikasi SocialConnext (android only) secara gratis.

So, yuk gabung di live sharing nanti, semoga yang saya sharing nanti sedikitnya bisa membantu YOTers dalam memahami hingga merasakan manfaat dari pentingnya melek financial sejak usia muda.

Sampai ketemu di live sharing nanti ya 🙂

Riki Son