Mengambil Pelajaran Dari Film Sabar Ini Ujian

 

Warning !! Artikel ini mengandung Spoiler !!

Sabar Ini Ujian merupakan film terbaru dari sutradara anggi yang tayang disalah satu platform streaming online yang baru datang ke Indonesia pada tanggal 3 September 2020. Film ini merupakan film time loop pertama yang ada di Indonesia, kalau kamu bingung film time loop seperti apa, film time loop merupakan film yang karakternya mengalami sebuah kejadian atau peristiwa yang sama berulang-ulang.

Film ini menceritakan sosok sabar yang diperankan oleh Vino G. Bastian, seorang pria dari keluarga broken home yang sempat viral karena gagal nikah kemudian video gagal menikah di hari pernikahannya tersebar di sosial media . Setelah beberapa waktu kejadian tersebut, mantan dari sabar menikah. Sahabat dan ibu sabar memaksa sabar untuk datang ke hari pernikahannya. Dengan berat hati akhirnya sabar datang ke hari pernikahan dengan menggunakan taksi online, Hari pernikahan mantan sabar berjalan dengan lancar, Sepulang dari acara pernikahan kemudian sabar tidur. Cerita berawal dari sini, Sabar terbangun dengan telpon dari ibunya, ibunya menyuruh sabar untuk bangun dan pergi ke pernikahannya mantannya. Ya ! waktu berulang, sabar semakin bingung dengan apa yang dia rasakan.

Malam kembali tiba dan sabar kembali tidur, ketika bangun dari tidurnya lagi sabar berada di hari yang sama. Dia merasa ini ada yang salah, apakah ini cara Tuhan untuk memberitahu jika Mantan sabar menikah dengan orang yang salah, Akhirnya sabar berusaha menggagalkan pernikahan mantannya, namun upayanya tidak berhasil hingga akhirnya sabar sudah lelah sendiri dengan kehidupannya dan tidak datang ke hari pernikahan mantannya, Namun hari terus berulang, hingga sabar mengetahui jika pria yang menikah dengan mantannya memiliki mantan tunangan yang ingin balasa dendam.

Sabar berusaha mengatur skenario sebagus mungkin, dan mereka berhasil menggagalkan pernikahan mantannya dan sabar kembali mendapatkan hati dari mantannya tersebut, Cerita berakhir disini? tidak, ketika sabar bangun kembali dari tidurnya dia berada di hari yang sama, Sabar berusaha mencari-cari apa yang salah dengan dirinya hingga akhirnya dia ingat jika ada pengemis yang mendoakan dia dan berkata “sabar ini ujian”, Sabar mencari-cari pengemis tersebut namun tidak berhasil. Dia malah menemukan supir taksi online di hari pertama dia pergi ke pernikahan mantannya, Supir taksi tersebut merupakan pembisnis yang kaya raya, dan dalam wawancaranya supir taksi tersebut selalu mengatakan

Jika anda ingin sukses dan bahagia, maka buatlah orang tuamu bahagia !

Sabar menemukan titik cerah kemudian dengan secepat kilat dia pergi menghampiri ibunya dan menanyakan apa yang membuat ibunya bahagia, namun ucapan dari ibunya tidak pernah disangka oleh sabar, Ibunya hanya meminta sabar untuk bisa memaafkan ayahnya. Sosok yang sangat dibenci sabar karena rela untuk meninggalkan ibunya demi wanita lain.

Akhirmya sabar pergi ke rumah ayahnya, ayahnya sangat bahagia sekali melihat anaknya yang sudah lama tidak menemuinya, Sabar bertanya kepada ayahnya kenapa dia tega melakukan hal tersebut, namun jawaban yang tidak disangka sabar kembali didengar, Ayahnya berusaha menolong seorang perempuan tuli yang dikejar oleh warga dalam kondisi hamil, agar perempuan itu tidak diadili dengan reflek ayah sabar mengatakan kalau itu adalah istri mudanya. Namun belum sempat dia menjelaskan kepada ibu sabar, Cerita tentang hal tersebut sudah terdengan ke telinga ibu sabar, dan ibu sabar meminta hari itu juga untuk menceraikannya.

Dengan cerita dari ayahnya, sabar sangat merasa terpukul dan sudah salah menilai ayahnya, hari menjelang malam dan sabar kembali tidur. Sangat bangun dari tidurnya sabar sudah tidak adalagi di hari yang sama. Dan hidup sabar sudah seperti biasa, diapun sudah menemukan wanita lain dalam hidupnya. Suatu ketika telpon berdering, ternyata telpon tersebut dari adik tiri sabar, dia mnegatakan jika ayahnya meninggal dunia. Sabar sangat shock dan bergegas ke rumah ayahnya. Cerita berakhir dengan adik sabar datang menemui kakaknya dan menjelaskan ayahnya sangat bahagia sekali kedatangan sabar.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari film ini adalah untuk kita bisa menerima seseroang yang kita cintai, bukan hanya menerima dia untuk dicintai oleh orang lain namun menerima semua kesalahan seluruhnya dan berdamai dengan masa lalu. Kita diajak untuk mencari tahu apakah kita masih memiliki sesuatu yang membuat orang lain tersiksa, atau kita memiliki masa lalu yang harusnya bisa kita damaikan. Di film ini juga menceritakan untuk kita harus semaksimal mungkin membahagiakan orang tua kita apapun kondisi kita.