Mengapa Sistem Pendidikan di Luar Negeri Lebih Maju?

Hallo YOTers!

Yoters mungkin pernah bertanya – tanya mengapa pendidikan diluar negeri lebih baik dibandingkan dengan negara kita sendiri. Ternyata hal ini, bukan hanya peran tenaga pendidiknya saja loh! melainkan integritas para pelakunya.

Mengutip materi diskusi yang berjudul “Masa Depan Pendidikan” yang disampaikan oleh Sabrang Mowo Damar, lulusan Universitas Alberta, Kanada. Ia menyampaikan bahwa hal fundamental yang harus kita lakukan dalam memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia yaitu dengan memulai dari socienty kecil yaitu keluarga.

Mengapa harus keluarga bukannya sekolah? karena keluarga merupakan simulasi masyarakat kecil yang dapat mengajari cara berinteraksi, memberi tahu batasan, menata dan menyampakan ilmu dasar kepada anak. Sehingga salah jika seseorang menyerahkan anak sepenuhnya kepada guru untuk mendidiknya. Sama hal nya dengan konsep Ki Hajar Dewantara bahwa “semua jadi guru, semua orang murid, semua tempat adalah sekolah”.

Kaitannya dengan institut pendidikan, sekolah seharusnya bersikap realistis dan fleksibel. Karena dengan begitu sekolah dapat mengganti parameter yang lebih efektif, sehingga tidak perlu fanatik dan lebih fleksibel terhadap strategi. Namun tetap fanatik terhadap tujuan peserta didik, yaitu untuk menjadikan anak efektif ketika di society.

Sehingga perlu kita pahami bahwa pendidikan merupakan tiang intergral dalam masyarakat Indonesia. Untuk menjadi tiang ini terdapat sistem yang telah ada sejak bertahun-tahun yang lalu, sehingga tidak mudah untuk mengubah, namun dapat dilakukan sedikit demi sedikit. Solusinya jangan menghalagi alternatif pendidikan terbaru. Kebiasaan pemerintah melakukan standarisasi, padahal seharusnya sekolah-sekolah khususnya swasta diberikan ruang untuk melakukan percobaan agar menghasilkan hipotesis yang berbeda. Sehingga dapat terlihat mana yang berhasil.
Nah, itu dia sedikit solusi ala Sabrang mengenai perbaikan sistem pendidikan di Indonesia. Semoga hal ini bisa menjadi rujukan perbaikan pendidikan untuk kedepanya ya YOTers! See You YOTers!

Penulis: Aprillita Pela Alvira

Referensi :
Damar, S, M. 2021. Masa Depan Pendidikan. Dialogue Positive with Sabrang: Abu Marlo.mengapa sistem negara lain lebih maju – Bing images diakses pada tanggal 28 Maret 2022, pukul 21:33 WIB.