Mengenal Macam-Macam Fauna Australis

Wilayah persebaran fauna australis sebagian besar kondisi lingkungannya tropis dan sebagian lagi beriklim sedang. Kondisi lingkungan di wilayah australia yang cukup mencolok disebabkan oleh letaknya yang terpisah jauh dari benua lainnya. Wilayah persebaran Australis meliputi :

  • Benua Australia
  • Selandia Baru
  • Papua
  • Maluku dan pulau – pulau kecil disekitarnya
  • Kepulauan – kepulauan yang ada di samudra pasifik disebelah selatan garis khatulistiwa

 

Ciri-Ciri Fauna Australis:

  • Terdapat binatang berkantung
  • Mamalia berukuran kecil
  • Ikan air tawar dalam jumlah yang sedikit
  • Banyak jenis burung yang berbulu indah atau memiliki beragam warna :cendrawasih

Kanguru ditemukan oleh pelaut Amerika atau Inggris yang mendarat di Austalia dan menemukan hewan berkantung. Pelaut itu kemudian bertanya kepada suku Aborigin “hewan apakah itu?”  Dijawab “Kang-Ga-Roo”. Pelaut menganggap bahwa nama hewan itu kanggaroo. Padahal sebenarnya suku Aborigin menjawab “sawa tidak mengerti”. Kamguru mempunyai 2 kaki belakang yang kuat, telapak kakinya besar disisain untyk meloncat. Kecepatan melompat bisa mencapai 20-25 km/jam tetapi bisa juga mencapai 70km/jam. Harapan hidupnya  sekitar 9-18 tahun. Kanguru memiliki otot tungkai depan atau bisep yang kuat untuk berkelahi dan mimikat betina. Kanguru memiliki 3 spesies yaitu : Kanguru Merah, Kanguru Abu-abu Timur dan Kanguru Abu-abu Barat.

Koala berasal dari bahasa Australia pribumi yang berarti tidak minum. Koala sebenarnya minum air tapi sangat jarang karena makanannya daun ekaliptus sudah mengandung cukup air sehingga koala tidak perlu turun daripada turun untuk minum. Koala memiliki bulu yang tebal dan lembut telinganya besar, dan kaki tangan yang lebih panjang dilengkapi cakar yang besar dan panjang untuk memanjat. Koala jantan memiliki teriakan penarik yang kuat dan dapat didengar sampai 1 km pada musim kawin. Hewan ini memiliki sistem metabolisme yang rendah serta istirahat tanpa bergerak sekitar 20 jam/hari. Di Australia menjadikan koala sebagai hewan peliharaan adalah pelanggaran hukum.

Burung Emu merupakan burung  asli Australia yang terbesar, serta burung yang tak dapat terbang kedua yang terbesar didunia. Habitat hewan ini terdapat di Pantai Timur Australia tetapi kini jarang didapati disana. Sebaliknya perkembangan pertania dan peternakan di kawasan pedalaman benua ini telah menambah tempat kediaman burung emu di kawasan – kawasan kering. Ciri – ciri burung ini yaitu : memiliki bulu lembut berwarna coklat dan bisa mencapai 2 m, beratnya mencapai 45 kg dan hewan tipe pengelana untuk mencari makan  seperti serangga dan tumbuhan.

Burung Cendrawasih dikelompokkan kedalam famili paradisaeidae, terdiri dari 13 genus dan sekira 43 spesies. Habitat aslinya di hutan – hutan lebat  yang umumnya terletak didaerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur terutama pulau – pulau selat torres, Papua nugini dan Australia timur. Ciri – ciri burung ini bulunya indah dimiliki oleh burung jantan warnanya seperti hitam, coklat kemerahan, orange, kuning, putih, biru dan hijau serta ungu. Ukurannya beragam mulai dari 15-110 cm dan beratnya mencapai 50-430 gram. Keindahan bulunya dipakai untuk menarik lawan jenis.

Hewan ini merupakan salah satu burung yang memiliki bulu yang indah dengan lengkingan suara yang cukup nyaring dan memiliki kecerdasan yang cukup bagus sehingga sering digunakan untuk acara – acara hiburan di kebun binatang atau tempat hiburan lainnya. Habitat burung ini yaitu hutan yang tinggi bersemak, semak yang pohonnya jarang dan lahan budidaya yang pohonnya jarang. Keistimewaan yaitu kakatua dapat dijadikan peliharaan karena dikenal sebagai burung yang setia dan pemiliknya terancam kakatua akan melindungi pemiliknya. Burung kakatua memiliki banyak spesies antara lain kakatua alba, kakatua duko persie, garelita goffiniana, ophthalmica, dan lain-lain.

Burung Kiwi merupakan burung yang tidak bisa terbang, ukurannya seperti ayam domestik. Hewan ini mulai terancam punah. Burung kiwi juga dijadikan simbol nasional selandia baru. Beratnya 1,5-4 kg ,kiwi betina lebih besar dibandingkan kiwi jantan. Burung ini merupakan burung nokturnal. Habitat aslinya di Selandia baru atau di New Zealand. Hidupnya di hutan, namun juga hidup di padang rumput serta semak di pedalaman. Suaranya yang khas terdengar seperti ki…wi…ki…wi…membuat burung ini dinamai dengan julukan burung kiwi.

Kabut australia adalah kucing bertubuh sedang dan memiliki bulu yang pendek dengan pola bulu berbintik, tabi klasik. dan bertiktak (bintik-bintik) dan dengan tingkatan pola bulu, yaitu warna dasar, lebih pucat dari pola, dan pola (lebih cerah dari warna dasar).Kabut australia memiliki sifat yang hampir sama dengan kucing abisinia maupun kucing burma, sehingga kabut australia mempunyai kecerdasan tinggi, senang berada di sekitar manusia, selalu ingin tahu apa yang sedang dikerjakan pemiliknya, aktif, suka bermain, dan ramah. Kucing ini juga merupakan salah satu kucing yang paling setia pada pemiliknya. Kabut australia juga mudah dilatih untuk melakukan sesuatu.

Dingo adalah anjing liar Australia, meskipun bukan satwa asli benua ini. Tubuh Dingo berukuran sedang, kepalanya lebar, moncongnya lancip, telinganya tegak, ekornya tebal, dan kulitnya merah hingga kuning. Moncongnya lebih panjang, gigi taringnya lebih panjang dan tengkoraknya lebih pipih daripada anjing biasa yang besarnya sama. Dingo adalah satwa pemakan daging, biasanya makan kanguru, walabi, ternak, wombat, dan possum. Dingo adalah satwa yang sangat sosial dan membentuk kelompok yang stabil dengan wilayah kekuasaan yang jelas batas-batasnya, jika memungkinkan. Umumnya mereka berkomunikasi dengan melolong dan merengek, dan tidak menyalak sesering anjing biasa. Dingo dapat ditemukan di seluruh Australia, kecuali di Tasmania.

Wombat adalah marsupial Australia yang berkaki pendek, berkaki empat dan memiliki panjang kira-kira 1 meter dengan ekor yang sangat pendek. Nama wombat berasal dari Eora, komunitas Aborigin yang merupakan penduduk asli daerah Sydney. Wombat menggali liang dengan gigi depan seperti hewan pengerat dan cakar yang kuat. Walaupun wombat berburu di siang hari dan malam hari, wombat juga akan pergi untuk makan pada hari yang dingin. Wombat adalah hewan herbivora, makanan mereka kebanyakan rumput, tumbuh-tumbuhan dan akar. Mereka diburu oleh setan Tasmania. Warna kulitnya bervariasi dari warna seperti pasir sampai coklat, atau dari abu-abu sampai hitam. Wombat memiliki metabolisme yang lambat dan membutuhkan waktu 14 hari untuk mencerna makanan seluruhnya. Mereka biasanya bergerak dengan lambat, namun bila merasa terancam dapat lari dengan kecepatan 40 km/jam dan bertahan dalam kecepatan itu selama 90 detik.

Ekidna adalah mamalia kecil yang tubuhnya ditutupi rambut kasar dan duri. Ekidna menyerupai pemakan semut Amerika Selatan dan mamalia berduri lainnya seperti hedgehog dan landak. Mereka memiliki moncong yang berfungsi sebagai mulut dan hidung. Moncong mereka panjang dan langsing. Mereka memiliki kaki yang pendek dan kuat dengan kuku besar. Ekidna juga adalah penggali yang handal. Mereka memiliki mulut yang mungil dan rahang tak bergigi. Mereka makan dengan cara membuka batang kayu yang lunak, sarang semut, dan semacamnya, dan menggunakan lidahnya yang panjang serta lengket yang memanjang dari moncongnya untuk mengumpulkan mangsanya. Ekidna moncong pendek terbiasa memakan semut dan rayap dalam jumlah besar, sedangkan spesies Zaglossus terbiasa memakan cacing tanah dan larva serangga.

 

Penulis: Nira Inggrafidia Sari