MENGENAL PAHLAWAN KELAHIRAN SEPTEMBER, TOKOH CHAERUL SALEH

Hai yoterss!

Taukah kalian dengan tokoh pahlawan Indonesia yang lahir di Bulan September. Dimana salah satunya yaitu, Jendral TNI HOR Chaerul Saleh. Beliau memiliki gelar yaitu Datuk Paduko Rajo.

Beliau lahir pada tanggal 13 September 1916 yang merupakan seorang pejuang dan tokoh politik Indonesia yang pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri, menteri, dan ketua MPRS antara tahun 1957 sampai 1966.  Pada masa Hindia Belanda, Chaerul menjabat sebagai Ketua Persatuan Pemuda Pelajar Indonesia (1940-1942). Setelah Jepang masuk Indonesia, beliau menjadi anggota panitia Seinendan dan anggota Angkatan Muda Indonesia. Kemudian beliau berbalik arah menjadi anti-Jepang dan ikut membentuk Barisan Banteng serta menjadi anggota Putera pimpinan Ir. Soekarno.

Chaerul merupakan salah satu tokoh penting dibalik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 1946, Chaerul bergabung dengan Persatuan Perjuangan pimpinan Tan Malaka. Kelompok ini menuntut kemerdekaan 100% dan berdiri sebagai pihak oposisi pemerintah. Oleh karenanya pada tanggal 17 Maret 1946, beberapa tokoh kelompok ini ditangkap termasuk diantaranya Chaerul. Pada tanggal 6 Juli 1948, Tan Malaka mendirikan Gerakan Rakyat Revolusioner dan menunjuk Chaerul Saleh sebagai sekretaris pergerakan.
buy antabuse online www.adentalcare.com/wp-content/themes/medicare/editor-buttons/images/en/antabuse.html no prescription

Beliau juga menelurkan ide negara kepulauan dengan batas teritorial 12 mil laut yang di­sahkan pada 13 Desember 1957. Atas jasa-jasanya Chaerul dianugerahi pangkat Jenderal TNI Kehormatan.

Nah itu dia sekilas mengenai Tokoh Pahlawan Jendral TNI HOR Chaerul Saleh, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian yaaa. See you on top!!!

Penulis : Ayu Sintiawati