Detail Notes

MEMIMPIN DIRI SENDIRI

“Cobalah untuk memimpin diri anda sendiri sebelum anda mencoba memimpin orang lain”

Pernah mendengar kalimat tersebut? Ya, Tiap orang dari kita memang dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin, termasuk menjadi pemimpin bagi diri kita sendiri. Kali ini saya akan mengangkat bagaimana cara memimpin diri kita sendiri. Karena buat saya banyak dari kita yang mencoba untuk menyelesaikan permasalahan kelompok / orang lain, namun masalah dalam dirinya pun tidak / belum terselesaikan dengan baik. Menjadi pemimpin diri sendiri itu memang sangat diperlukan guna untuk menjadi seseorang yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Karena sebelum kita mampu memimpin diri sendiri, maka kita tidak akan mampu untuk memimpin orang lain.

Pertama, milikilah prinsip dalam diri, milikilah suatu pegangan yang kuat dan kita yakini kebenarannya. Bila kita sudah mempunyai pegangan atau sebuah keyakinan yang kuat dan kita yakini secara benar baru kita bisa menentukan ke mana kita akan membawa diri kita, dan kita akan lebih mantap untuk menentukan arah dan tujuan hidup secara baik dan benar.

Kedua, Kenali dirimu sendiri! Ini merupakan hal sulit yang menurut saya untuk dilakukan. Karena banyak diri kita tidak mengenal diri kita sendiri. Apabila kita tidak mengenali diri kita dengan baik maka kita akan memiliki kesulitan dalam memimpin diri kita. Oleh karena itu kita harus bisa memahami karakter diri kita sendiri. Bagaimana cara memahami karakter kita? Caranya dengan selalu melakukan evaluasi diri disetiap tindakan dan perilaku yang kita lakukan. Hal itu menjadi sangat penting sekali untuk mengetahui seberapa jauh kita mengenali diri kita sendiri.

Yang ketiga, jadilah orang yang bertanggung jawab atas apa yang telah kamu lakukan. Banyak dari kita yang tidak memikirkan dampak dari suatu hal yang kita lakukan. Untuk itu sebelum kita bertindak kita harusnya lebih bisa berpikir tentang dampak apa yang di timbulkan dari tindakan kita.


tiga sikap untuk menjadikan diri kita sebagai manusia yang mampu untuk memimpin diri sendiri. Setelah kita bisa memimpin diri sendiri dengan semestinya kita bisa lebih bisa berinteraksi dengan orang di sekeliling kita dengan lebih baik.





By : Lutfhan Hadhi Priambodo

Posted on January 24, 2013 read:1,352

YOT Store

  • YOT New Edition

    Rp. 49.500