Detail Notes

YOT Tangerang Gathering

Sabtu, 1 Desember 2012 kali ini giliran YOT Tangerang yang mengadakan gathering untuk YOTers yang berdomisili di wilayah tangerang khususnya, bisa saling learn and share bersama. Untuk tema gathering kali ini adalah tentang “commitment” yang di isi oleh mentor-mentor CA yaitu mba mega (@Bungamega), Ka Citra (@Citranatasya) dan ka Jo (@trapjover89) dan dihadiri oleh 4 orang CA dan 20 YOTers.

Name

                Well, acara ini sebenarnya merupakan inisiatif dari CA yaitu Risa Viola Olinda. Ia ditantang mba mega sebagai salah seorang mentornya untuk membuat acara gathering di tangerang, yang sebenarnya Tangerang dengan Tangerang selatan (tempat tinggal Risa) itu jaraknya jauh. Tapi karena ini merupakan tantangan, Walaupun belum pernah bertemu dengan YOTTangerang Team dan inisiatornya, namun antusias mereka sangat besar akhirnya Risa bekerja sama dengan @YOTTangerang  untuk merealisasikan tantangannya itu. Dan akhirnya YOT Tangerang untuk pertama kalinya bisa mengadakan gathering di jun njan, living world serpong.

                Acara ini berlangsung sangat seru, dari pukul 13.00-15.00 dan dilanjutkan dengan obrolan santai diluar tema bersama dengan mentor dan teman-teman YOT lainnya. Dan ini seru banget! Pertama acara dibuka oleh Risa selaku ketua acara dan moderator kemudian cerita dari insiator YOT Tangerang yaitu yusuf (@cupuchup) tentang awal mula dibuatnya YOT Tangerang. Mulanya merupakan kesepakatan sekitar dari 10 orang namun hanya tiga orang yang datang dan membuat kesepakatan lebih lanjut untuk membuat @YOTTangerang itu. Kini anggota dari YOT Tangerang yang masih aktif adalah 9 orang yang bertindak sebagai host @YOTTangerang setiap harinya, itu belum termasuk anggota pasifnya. Acara lalu dilanjutkan oleh  Ka Citra yang memulai membahas tentang apa itu commitment. Tapi sebelumnya Ka Citra meminta semua orang yang hadir untuk memperkenalkan dirinya agar terasa lebih akrab dan saling mengenal satu sama lain.

KENAPA COMMITMENT ITU PENTING?

                Dimulai dari pertanyaan itu ka Citra memulai pembicaraan tentang commitment yang ditanggapi dengan sangat baik oleh para peserta. Kita semua tau arti dari commitment itu yaitu konsisten terhadap segala apapun yang kita lakukan, tapi apa yang membuat hal itu penting? Karena kebanyakan commitment itu gampang diucapkan tapi sulit dilakukan. Pertama Ka Citra menjelaskan commitment itu penting karena bisa membuat kita focus, commitment merupakan awal dari segalanya. Awal kita membuat janji ke diri kita sendiri untuk mencapai tujuan, sehingga agar kita tidak kehilangan focus, itulah arti penting commitment.

                Tapi bagaimana caranya untuk memperkuat commitment yang sudah kita buat? Yang seperti kita tahu banyak sekali rintangan yang akan menghancurkan commitment kita akan suatu hal tersebut dimasa depan. Salah satu caranya adalah membuat list “what I wanna do?” karena ketika kita merasa banyak rintangan yang  bisa merusak commitment kita itu kita bisa melihat kembali list tersebut untuk mengingat apa tujuan awal kita. Dan saat kita gagal, start fresh from 0 again. Jatuh 7x maka bangkit 8x.

                Ada satu kisah yang dimana komitmen itu bisa membuat orang kembali kepada tujuan awal atau malah berpindah kepada tujuan lain yang sesuai dengan passionnya dan konsis ditujuan yang baru itu. Kisah ini berasal dari salah satu peserta gathering yaitu Jams, yang dimana mulanya ia adalah karyawan di salah satu bank ternama tapi ia merasa bosan dengan pekerjaannya itu  akhirnya ia memutuskan untuk mundur dan memulai usahanya dibidang kuliner yaitu membuat bakso gundul. Dan akhirnya ia berkomitmen akan mengembangkan usahanya itu seperti komitmennya dalam tahun 2013 ia bisa membuka cabang diberbagai daerah untuk usaha bakso gundulnya itu.

                Yang perlu selalu ingat adalah jika kita berhasil membuat commitment untuk diri sendiri maka kita akan mudah untuk membuat commitment dengan orang lain dan yang terpenting juga adalah commitment untuk berbahagia. Pasti sering dalam perjalanan kita, kita sering bertemu dengan “haters” tapi maju terus jangan pedulikan dan menanam aura-aura negative dalam diri kita yang akhirnya malah membuat diri kita tidak bahagia. Lebih baik menanamkan aura-aura positif. Jangan buang waktu kita untuk membenci lebih baik manfaatkan untuk hal positif yang lebih baik.

                Lalu sesi sharing yang kedua ada dari Ka Jo, yang meneruskan pembicaraan dari ka Citra. Untuk membuka sesinya, Ka Jo menyampaikan quote yang sangat ia suka dan pas untuk tema yang sedang dibahas.

“Semua orang bisa memulai tapi tidak semua orang bisa menyelesaikannya”

Ya, quote itu rasanya memang benar sekali dan tentu kita sering kali terkadang melakukan hal itu. Bisa memulai tapi belum tentu bisa menyelesaikannya. Lalu apa bedanya seorang pemimpi dengan pemimpin? Hanya dibedakan oleh satu huruf dibelakangnya yaitu “N”. Ya, yang membedakannya adalah NIAT. Apakah kita semua punya NIAT untuk mencapai tujuan yang ingin kita capai dengan menjalani berbagai macam proses?

Kenapa kita berkomitmen? Karena kita cinta, kita punya tujuan. Kita tidak akan bisa memulai komitmen dan mempertahankannya jika kita tidak mencintai hal itu, maka dari itu mulailah cari apa yang kita cintai agar komitmen itu bisa berjalan lancar. Lalu apa bedanya orang yang mempunyai komitmen dengan orang yang tidak? Jawabannya mudah, orang yang mempunyai komitmen pasti akan berjuang, mempunyai semangat yang lebih untuk mencapai tujuannya itu. Sedangkan orang yang tidak pasti akan santai-santai saja, semangatnya biasa saja. Layaknya orang pacaran saat suatu hari ingin bertemu dengan pacarnya tapi kondisi sedang hujan, ban mobil/motor kempes. Orang yang mempunyai komitmen serius terhadap hubungannya itu pasti akan melakukan berbagai cara agar bisa bertemu dengan pacarnya itu berbeda dengan orang yang tidak.

Lalu sekitar pukul 14.30 giliran mba mega yang memberikan makna dari commitment itu, bagi mba mega commitment itu seperti one way ticket. Layaknya sebuah pernikahan. Komitmen itu bukan tentang apa yang kita dapat (hadiah) atau seberapa lama kita menjalankan suatu pekerjaan itu tapi apa yang bisa kita berikan, apa yang telah berubah terutama pada diri kita sendiri. Sekali lagi commitment itu merupakan reminder terhadap tujuan kita, cape itu ada tapi nikmati saja proses dalam mencapai tujuan itu.  Dan ingat untuk bedakan apa itu kesukaan dan passion, kesukaan itu tidak akan membuat kita bisa berkomitmen penuh sedangkan passion bisa membuat kita berkomitmen penuh.

Dan tanpa terasa waktu sudah berjalan pukul 15.00 akhirnya acara YOT Tangerang kita akhiri dengan saling berfoto bersama dan Ka Jo dan Ka Citra memberikan buku gratis #YOTCA kepada salah seorang peserta yang aktif dalam diskusi tersebut. Semoga acara gathering ini bisa diselenggarakan lagi lain waktu dan terimakasih kepada para CA (saras, Risa, Clarissa) yang telah datang dan para super mentor Ka Mega, Ka Citra dan Ka Jo yang mau meluangkan waktunya untuk acara YOT Tangerang kali ini sehingga bisa learn and share dan semua peserta yang telah hadir.  Tidak lupa terima kasih atas sumbangan bukunya yang terkumpul 48 buku. Semoga acara ini bisa diselenggarakan lagi dan rutin dilain waktu dan kesempatan dengan peserta yang lebih banyak.

 

Name

 

Name

THANK YOU AND SEE YOU ON TOP!

Bremi Asih Pertiwi- CA UPN Veteran Jakarta (@Bremipertiwi)

 

 





By : Bremi A. Pertiwi

Posted on December 01, 2012 read:484

YOT Store

  • YOT New Edition

    Rp. 49.500