Pakai Reusable Cotton Pads, Selamatkan Bumi

Aloha YOTers! Setiap harinya kita butuh kapas untuk membersihkan muka maupun mengaplikasikan produk skincare tertentu.

Coba deh hitung udah berapa banyak kapas kita pakai selama ini? Mungkin sudah saatnya kita beralih ke kapas yang lebih ramah lingkungan. Apa tuh?

Reusable cotton pads adalah kapas yang terbuat dari kain dan bisa digunakan berulang-ulang. Penggunaan kapas yang sifatnya tidak sekali pakai ini mulai marak karena mempertimbangkan dampak lingkungan.

Seiring kesadaran yang meningkat tentang pentingnya skin care, penggunaan kapas pun semakin besar, demikian pula dengan sampah kapas dan plastik kemasannya. Kapas hanya sebagian dari seluruh skin care routine, masih ada botol-botol plastik, kardus kemasan, serta kantong plastik dari toko skin care.

Baca Juga:

Chelsea Islan dan Kepeduliannya Terhadap Lingkungan Sosial

Mengapa harus memakai kapas yang ramah lingkungan?

Dilansir Women’s Health, setiap harinya di Amerika Serikat sekitar 20 juta pounds atau lebih dari 9 juta kilogram kapas sekali pakai. Jumlah sebesar ini baru di satu wilayah ya, bagaimana jika disatukan seluruh dunia?

Selain concern tentang volume sampah, Better Goods menyebutkan bahwa produksi kapas membutuhkan banyak sumber daya alam terutama air. Membuat satu kilogram kapas bisa menghabiskan 20 ribu liter air.

Tisu pembersih wajah atau tisu basah pun tidak jauh berbeda dengan kapas, bahkan lebih merusak lingkungan karena tidak bisa diurai oleh alam.

Menggunakan reusable cotton pads bisa mengurangi pengeluaranmu untuk urusan skin care. Satu lembar reusable cotton pads bisa awet hingga beberapa bulan selama dirawat dengan baik.

Cara merawat reusable cotton pads

Kamu perlu melakukan perawatan dengan rajin mencuci reusable cotton pads. Jangan tunda mencucinya karena kapas akan lebih sukar dibersihkan. Better Goods merangkum beberapa tips membersihkan reusable cotton pads:

  • Gunakan sabun yang lembut agar tidak merusak reusable cotton pads. Jangan gunakan pemutih atau penghilang noda. Bahan-bahan kimia di kedua pembersih itu bisa terserap dan menumpuk di dalam reusable cotton pads.

  • Rendam dalam air hangat yang dicampur sabun, diamkan sejenak untuk membiarkan nodanya larut, lalu cuci dengan tangan secara hati-hati.

  • Simpan dalam wadah yang bersih dan kering agar tetap aman digunakan ketika mengusap wajah.

Sekarang di marketplace dan media sosial, sudah banyak seller yang menjual kapas yang bisa dipakai berulangkali. Jadi tidak perlu khawatir akan sulit mendapatkannya.

Rekomendasi untuk Kamu:

5 Artis Indonesia yang Peduli Lingkungan, Bukan Cuma Janji Tapi Kasih Aksi

Kenapa Brand Wajib Peduli Sama Lingkungan

Ingin dapat lebih banyak konten tentang inspirasi, bisnis, tips karir, self-development, dan lainnya? Yuk nonton di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.