PEMULIHAN KONDISI EKONOMI PASCA PANDEMI COVID-19 WARGA DESA AMPELSARI BERSAMA MAHASISWA KKN UNS 321 SELENGGARAKAN AMPELSARI EXPO

Sejak pandemi covid-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, hampir seluruh bidang kehidupan masyarakat terkena dampak mulai dari bidang kesehatan sampai bidang pendidikan. Bidang yang sangat terdampak akibat dari covid-19 adalah bidang ekonomi. Adapun dampak dalam bidang ekonomi dari pandemi covid-19 yaitu menurunnya daya beli masyarakat, menurunnya angka investasi, menurunnya omset UMKM, tidak stabilnya kegiatan perekonomian masyarakat dan lain sebagainya. Tak dapat dipungkiri bahwa adanya pandemi Covid-19 tidak hanya mempengaruhi kondisi perekonomian nasional saja tetapi juga mempengaruhi kondisi perekonomian desa atau kelurahan.

Sebagai usaha memulihkan dan meningkatkan perekonomian Desa Ampelsari, pemerintah Desa Ampelsari bersama mahasiswa KKN kelompok 321 UNS menyelenggarakan Ampelsari EXPO. Kegiatan Ampelsari EXPO dibuka oleh Bupati Kebumen yaitu Bapak H. Arif Sugiyanto, S.H. dan  diikuti oleh seluruh pelaku usaha dari setiap RT di Desa Ampelsari.  Kegiatan ini diselenggarakan di BUMDES Desa Ampelsari selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 15 Agustus 2022 hingga tanggal 18 Agustus 2022.

Risma Rahmawati selaku ketua tim KKN 321 UNS mengemukakan kegiatan Ampelsari EXPO merupakan program yang luar biasa untuk membangkitan ekonomi pasca pandemi bagi warga Ampelsari. Selama berjalannya program, seluruh masyarakat sangat antusias. Program ini harapannya di kemudian hari dapat diselenggarakan lagi, karena dapat memunculkan ide kreatif dan dapat memfasilitasi UMKM maupun pelaku usaha di Ampelsari.

Pelaksanaan Ampelsari expo tidak hanya bertujuan memulihkan dan mengoptimalisasi kondisi perekonomian Desa Ampelsari tetapi juga bertujuan sebagai ajang perayaan HUT RI ke-77.

Kegiatan Ampelsari Expo yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari dapat dikatakan sukses, hal ini dilihat dari banyaknya pengunjung yang datang pada kegiatan Ampelsari Expo. Pengunjung yang datang tidak hanya pengunjung yang berasal dari Desa Ampelsari tetapi banyak juga pengunjung yang berasal dari desa lain.

“UMKM Expo berjalan lancar dan dapat memberikan kesempatan bagi pemilik UMKM untuk mengenalkan produknya. Banyak pengunjung yang berasal dari luar Desa Ampelsari juga, jadi bisa mengenalkan produknya ke masyarakat luar.” Ujar Bu Isah, peserta Ampelsari EXPO dari RT 4 dengan produk UMKM Keripik Brekele.

 

cc/yotsolo