Pentingnya Donor Darah bagi Kesehatan Tubuh

Halo YOTers!
Donor darah yaitu suatu proses pengambilan darah seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah yang kemudian dipakai saat seseorang membutuhkan transfusi darah. Donor darah memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan antara lain :

Menjaga Kesehatan Jantung
Donor darah dapat mengurangi terjadinya peristiwa darah, sehingga dapat membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Selain itu, donor darah dapat membuat jantung Anda stabil dengan aliran darah yang lancar, organ-organ tubuh akan sehat dan bekerja dengan baik.

Mendeteksi Penyakit Tertentu
Manfaat donor darah rutin yaitu dapat membantu mendeteksi penyakit lebih dini. Tes kesehatan saat donor darah dapat membuat kesehatan pendonor menjadi lebih terkontrol dengan baik. Saat akan melakukan donor darah, tes kesehatan yang akan dilakukan yaitu menjalani pemeriksaan HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria.

Menurunkan Berat Badan
Manfaat donor darah rutin yaitu dapat mencegah terjadinya obesitas atau terjadinya kegemukan. Kini tidak hanya harus mengandalkan olahraga, makanan sehat, dan pola hidup sehat, tetapi juga donor darah. Mendonorkan darah bisa jadi merupakan salah satu penunjang diet dan pembakaran kalori yang cukup ampuh.

Jangan ragu untuk menanyakan hal-hal yang ingin diketahui, dan dapat dilakukan secara rutin. Dari berbagai manfaat kesehatan yang bisa dirasakan dari melakukan donor darah, ingatlah selalu bahwa sumbangan darah Anda bisa menyelamatkan nyawa mereka yang membutuhkan.