Penyebab Hyperaktif yang Wajib Kamu Ketahui

Hyperaktif atau hiperaktivitas adalah kondisi di mana seseorang memiliki tingkat aktivitas fisik atau mental yang tinggi dan sulit untuk ditenangkan. Orang yang memiliki hyperaktif biasanya mengalami beberapa kondisi seperti ia sedang bahagia, senang, mendapatkan info baik dan sebagainya. Akan tetapi ternyata hyperaktif memiliki dampak buruk jika dilakukan secara berlebihan. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan hiperaktivitas antara lain:

 

Gangguan Hiperaktivitas dan Defisit Perhatian (ADHD)

ADHD adalah gangguan neurologis yang ditandai dengan pola hiperaktif, impulsif, dan kesulitan mempertahankan perhatian. Faktor genetik, perubahan kimia dalam otak, serta faktor lingkungan dapat berkontribusi pada perkembangan ADHD.

 

Ketidakseimbangan Neurotransmiter

Ketidakseimbangan neurotransmiter seperti dopamin dan norepinefrin dalam otak dapat mempengaruhi tingkat aktivitas dan pengaturan perhatian, yang dapat menyebabkan tingkat aktivitas yang tinggi.

 

Lingkungan dan Pola Asuh

Pola asuh yang kurang konsisten, kurangnya struktur, kekurangan disiplin, atau lingkungan yang kacau dapat mempengaruhi tingkat aktivitas anak dan menyebabkan perilaku hiperaktif.

 

Baca juga:

Tanda Orang tidak Berkembang

5 Perbedaan Anime Dan Kartun

8 Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan

Konsumsi Makanan dan Minuman

Beberapa makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan, pewarna buatan, atau kafein dapat mempengaruhi tingkat energi dan aktivitas seseorang. Konsumsi makanan dan minuman tersebut dalam jumlah yang berlebihan atau sensitivitas terhadap bahan tertentu dapat memperburuk gejala hiperaktif.

 

Gangguan Tidur

Gangguan tidur, seperti insomnia atau sleep apnea, dapat menyebabkan kurangnya istirahat yang memadai, yang pada gilirannya dapat meningkatkan tingkat aktivitas dan hiperaktivitas.

 

Stres dan Kecemasan

Stres atau kecemasan yang berlebihan dapat mempengaruhi tingkat aktivitas dan perhatian seseorang. Tingkat stres yang tinggi dapat memicu respons tubuh yang berlebihan dan menyebabkan peningkatan tingkat aktivitas.

 

Penting untuk dicatat bahwa hiperaktivitas dapat memiliki banyak faktor penyebab yang saling berhubungan dan dapat bervariasi antara individu. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami hiperaktivitas yang signifikan dan mengganggu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau psikolog untuk evaluasi dan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.