Percaya, Jujur, Bangkit

Kita mungkin pernah berpikir, “Kenapa sih orang yang lebih banyak bermain dan tidak peduli apapun lebih beruntung dibandingkan aku yang lebih berusaha tapi tidak seberuntung dia?” Atau, “kenapa sih dia yang sama sekali tidak aktif dikelas, tidak mau belajar, dan tidak peduli sama matkul punya nilai UTS dan UAS yang lebih memuaskan dibanding aku yang dari pagi sampai tengah malam belajar mati-matian tapi selalu punya IP yang tidak sebagus dia?”

Yoters, pertanyaan di atas harus kita hilangkan dalam benak masing-masing. Kita harus sadar bahwa Sukses tidak bisa didapatkan dengan mudah dan instan. Keberuntungan juga tidak selalu berpihak pada individu yang itu-itu saja. Jangan merasa down apa bila nilai disekolah atau kampus tidak terlalu memuaskan. Saya ingat kutipan dari bang Bayu Janitra, Co-Founder & CEO TopKarir Indonesia dalam postingan Ig @youngontop , ”

Nilai Bagus belum tentu jadi patokan dalam kesuksesan. Karena orang yang memiliki nilai bagus belum tentu mempunyai kemampuan interpersonal dan attitude yang bagus”.
Jadi, bagaimana caranya kita bisa menyeimbangkan nilai dan attitude yang baik agar mencapai kesuksesan?

  1. Percaya
    ‌Dalam teori ini, kepercayaan di tunjuk pada diri kita sendiri. Bagaimana caranya kita mengolah pikiran dan perasaan kita supaya percaya terhadap kemampuan yang kita miliki. Dengan begitu akan memotivasi diri untuk menciptakan inovasi dan tujuan hidup yang lebih baik lagi.
  2. Jujur
    ‌Jujur atau kejujuran mengacu pada aspek karakter, moral, dan berkonotasi atribut positif yang berkaitan dengan perilaku. Untuk menuju sukses, perilaku jujur sangat dibutuhkan demi terbentuknya kepercayaan baik dengan diri sendiri maupun orang lain. Menanamkan kejujuran dari hal kecil akan membuahkan hasil yang memuaskan di masa mendatang.
  3. Bangkit
    ‌Tipe orang sukses adalah gagal lalu dengan cepat bangkit kembali. Kita harus ingat bahwa gagal adalah hal yang wajar dalam sebuah perjuangan. Oleh karenanya jangan menyerah dalam situasi apapun, karena pada satu titik Sukses akan menjemput kita.

Salam Sukses,
SALAM YOTERS!