Perhatikan Body Language Ini Saat Melakukan Interview

Wawancara kerja adalah momen penting untuk menunjukan kompetensi kamu di depan HRD perusahaan. Selain menjelaskan siapa kamu dalam bentuk lisan, ternyata ada hal lain yang gak kalah penting saat proses wawancara, yaitu body language (bahasa tubuh). Body language bisa menggambarkan keadaan diri kamu yang sebenarnya, apakah kamu gugup, ragu, atau percaya diri, hal ini juga menjadi penilaian apa kamu siap dan pantas bekerja di perusahaan yang diinginkan. Nah, kira-kira bagaimana sih body language yang baik saat interview? Yuk simak tips lengkapnya

Kontak Mata

Pernah dengar ungkapan kalau mata juga bisa bicara? Benar banget tuh, tatapan mata seseorang bisa mengartikan perasaan dan keadaannya pada saat itu. Dilansir businessinsider.com, para psikolog mengatakan kalau kontak mata mampu menggambarkan cara seseorang membangun hubungan dengan lingkungannya. Jadi saat kamu interview jangan ragu menatap mata, itu artinya kamu tertarik dengan percakapan lawan bicara.

YOTers Juga Bisa Baca Ini Juga Lho 🙂

6 Persiapan Penting Sebelum Menghadapi Interview Kerja

5 Jurus Membuat CV Tanpa Pengalaman untuk Fresh Graduate

Posisi Duduk

Saat interview, pastikan kamu duduk dengan tegap dan nyaman. Duduk dengan posisi tegap menandakan kepercayaan diri dan siap menjawab segala pertanyaan, tapi ingat ya tidak perlu tegang dan kaku. Hindari posisi tubuh menyandar pada bagian belakang kursi, karena memberi kesan kalau kamu seseorang yang terlalu santai dan tidak siap dengan pekerjaan.

Senyum

Senyum adalah kunci kebahagiaan, dengan senyum kamu akan dinilai sebagai seorang yang ramah dan menyenangkan. Yang perlu diingat, jangan senyum berlebihan, lakukan dengan natural dan pastikan momennya tepat, misal saat pewawancara melontarkan candaan.

Berjabat Tangan

Berikan kesan pertama yang baik, awali dengan berjabat tangan yang tegas, artinya tidak terlalu kuat dan terlalu lemah juga. Penelitian yang dilakukan Beckman Institute menyimpulkan kalau jabatan tangan yang kuat akan mengurangi prasangka negatif pewawancara pada pelamar.

Itu dia body language yang perlu kamu perhatikan saat melakukan interview kerja. Mau tau tips lain yang bisa membantu karir kamu? Yuk download aplikasi TopKarir di Play Store dan App Store sekarang juga

Nah YOTers, jangan lupa dengan Event terbesar dari Young On Top! YOTNC2022 kembali dihadirkan secara offline di Jakarta! Persiapkan diri YOTers buat dateng ke acara besar Young On Top untuk dapatkan inspirasi secara langsung dengan berbagai narasumber keren! Langsung daftar disini! atau YOTers bisa langsung click gambarnya 🙂

yotnc2022

Ingin mendapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir, bisnis, dan dunia pendidikan? Yuk kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!