Pernah Merasa Penonton Tidak Mengerti Apa Yang Kamu Ucapkan Saat Presentasi Online? Yuk, Kenali 3 Hal Penting Komunikasi Dalam Presentasi Beserta Tips-nya!

Halo YOTers! Pernah merasa penonton tidak mengerti apa yang kamu ucapkan saat presentasi online? Saat kamu presentasi, ada 3 hal penting yaitu Pembicara,  Isi Pesan, dan Penyampaian Pesan. Yuk, pahami lebih dalam dalam tentang 3 hal penting dalam komunikasi saat presentasi online beserta tips – nya versi penulis, supaya isi pesan kamu dapat dimengerti penonton:

1. Pembicara

Sumber Gambar : Freepik/cookie_studio

Pembicara dipengaruhi oleh faktor teknis dan faktor non teknis. Terdapat 2 tips yang terkait dengan faktor teknis supaya isi pesan kamu dapat dimengerti oleh penonton versi penulis, yaitu:

  • Artikulatif  : Saat presentasi online, kamu harus menyampaikan suatu hal kepada penonton secara baik, benar dan jelas. Mengesampingkan cadel, gagu, gagap,serak yang kamu miliki, dimana hal tersebut sudah merupakan pemberian dari Tuhan Yang Maha Esa;
  • Tempo Nada : Ketika presentasi online, kamu juga perlu mengetahui waktu yang tepat untuk berhenti bicara, berbicara dengan intonasi rendah, intonasi tinggi, tempo lambat, hingga tempo cepat. Sehingga kamu tidak merasa kecapekan dan terburu – buru untuk menyampaikan suatu hal kepada penonton.

Selanjutnya ada 2 tips yang terkait dengan faktor non – teknis supaya isi pesan kamu dapat dimengerti oleh penonton versi penulis, yaitu:

  • Kemampuan Mengelola Diri Sendiri : Kamu harus bisa mengelola diri sendiri dengan baik untuk menghilangkan rasa gerogi, cemas, dan takut saat presentasi. Salah satu tipsnya yaitu minum air putih secukupnya sebelum mulai presentasi;
  • Kesesuaian Pembicara Pada Situasinya : Saat presentasi online, sikap kamu tergantung dari sikap penonton.  Jika kamu ingin atau sedang presentasi online kepada penonton yang sikap pendiam, maka harus bersikap lebih interaktiframai, dan asik.

2. Isi Pesan

Sumber Gambar : Freepik/master1305

Isi Pesan merupakan hal utama yang akan kamu sampaikan saat presentasi online kepada penonton. Terdapat 2 tips supaya isi pesan kamu dapat dimengerti oleh penonton versi penulis, yaitu:

  • Menemukan Diri Sendiri Dalam Sebuah Topik : Kamu perlu menemukan ketertarikan versi diri sendiri dalam sebuah topik yang ingin disampaikan. Hal tersebut dapat dinilai oleh penonton apakah kamu kredibel dan menguasai materi tersebut atau tidak;
  • Riset : Kamu perlu sekali mencari bahan bacaan atau referensi yang relevan dan kredibel sebelum isi pembicaraan disampaikan kepada penonton. Supaya kamu tidak hanya menyampaikan opini terkait suatu topik, melainkan juga berupa fakta yang ada.

3. Penyampaian Pesan

Sumber Gambar : Freepik/tirachardz

Penyampaian pesan merupakan kunci sukses saat kamu mempresentasikan isi pesan kepada penonton.  Terdapat 2 tips supaya kamu dapat menyampaikan pesan melalui presentasi onlinedengan baik kepada penonton versi penulis, yaitu:

  • Komunikasi Verbal Harus Sejalan Dengan Komunikasi Non – Verbal : Saat ini, ruang gerak kamu untuk presentasi dibatasi oleh  Zoom atau Google Meeting. Walaupun begitu, kamu harus memanfaatkan komunikasi non – verbal melalui gestur tangan dan ekspresi wajah yang selaras dengan apa yang diucapkan.
  • Memasukan Emosi Pada Kata atau Kalimat yang Tepat : Setiap kata atau kalimat yang kamu sampaikan saat presentasi kepada penonton memiliki makna yang berbeda. Emosi sangat berpengaruh bagi kamu untuk meraih simpati dari penonton.

Nah, itu 3 hal penting beserta tips – nya dalam komunikasi saat presentasi online supaya isi pesan kamu dapat dimengerti penonton. Karena kalau kita tidak bisa menguasai diri sendiri, kita tidak bisa menguasai presentasi online lho! Jangan lupa YOTers untuk selalu mencobanya berulang – ulang.

Penulis: Muhammad Arif Arofah – Director Marcomm YOT Bekasi Batch 7 2022

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Pernah Merasa Penonton Tidak Mengerti Apa yang Kamu Ucapkan Saat Presentasi Online? Yuk, Kenali 3 Hal Penting Komunikasi Dalam Presentasi Beserta Tipsnya!”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/muhammadarifarofah4696/6222d43dbb4486375d2e3e42/pernah-merasa-lawan-bicara-tidak-mengerti-apa-yang-kamu-ucapkan-yuk-kenali-3-hal-penting-dalam-komunikasi

Kreator: Muhammad Arif Arofah