Pertanyaan Jebakan yang Sering Ditanyakan HRD Saat Interview Kerja

Pertanyaan Jebakan yang Sering Ditanyakan HRD Saat Interview Kerja

Hai YOTers! Interview kerja itu memang jadi momen yang bikin deg-degan. Bahkan, rasa grogi nya itu gak cuma dirasain sama fresh graduate aja, yang udah punya pengalaman bekerja juga pasti ngerasain dag dig dug hatiku saat ingin bertemu HRD buat interview kerja.

Kenapa sih bisa deg-degan? Karena kita takut ditanyain macem-macem sama HRD, takut kena pertanyaan ‘jebakan’. Hmm emang apa aja pertanyaan jebakan yang dimaksud? Trus, gimana cara jawabnya? Yuk simak sama-sama!

Baca juga:

Apa yang Bikin Kita Ditolak HRD?

Kenapa Penampilan Menarik Jadi Syarat Penerimaan Karyawan? Ini Alasannya

Biar HRD Terkesan, Yuk Ikuti Tips Berpakaian Saat Interview!

Ini yang Bisa Kamu Katakan Ketika Ditanya “Apa Ada Pertanyaan?” Saat Interview

Tips Sukses Menghadapi Interview Kerja

1. Ceritakan Tentang Diri Kamu

Pertanyaan awal yang pasti ditanyain sama HRD pas interview kerja yaitu kamu diminta untuk menceritakan diri kamu. Mungkin kedengerannya gampang buat dijawab. Tapi, nyatanya nggak semua tentang diri kamu harus diceritain juga, melainkan kamu harus menyaring informasi apa aja yang akan kamu ceritakan.

Kamu bisa cerita soal pendidikan terakhir dan pengalaman organisasi atau komunitas atau volunteer di berbagai kegiatan. Kalo kamu udah punya pengalaman bekerja, kamu bisa ceritakan kamu bekerja sebagai apa, di bidang apa dan job desk kamu. Ceritakan hal-hal positif diri kamu, bentuk karakter positif dari sesi ini. Kalau bisa sih, jangan semua tentang diri kamu yang ada di CV diceritain semua.

2. Apa Kelemahan dan Kelebihan Diri Kamu

Ceritakan poin kelebihan kamu tanpa melebih-lebihkan, ceritakan juga kekurangan kamu tanpa merendahkan diri kamu sendiri. Tapi, jawab kelemahannya juga harus dibarengi dengan keinginan dan usaha kamu untuk memperbaikinya. Dari pertanyaan ini, selain ingin mengetahui karakter kamu, HRD juga akan menilai kejujuran kamu.

3. Kenapa Tertarik Melamar di Perusahaan Ini

Kamu bisa jawab kalau perusahaan tersebut bergerak di bidang yang sesuai dengan minat kamu, begitu pun dengan posisi yang kamu lamar. Jangan jawab dengan alasan gaji atau pun lingkungan, apalagi kamu sampai menjelek-jelekan perusahaan lama kamu. Jawaban yang diminta tentunya yang penuh dengan motivasi bekerja.

4. Kenapa Kami Harus Merekrut Anda

Tentunya kamu harus memberikan jawaban yang meyakinkan. Jawab pertanyaan ini dengan memberi tahu apa skill kamu dan kelebihan kamu.

Karena, jawaban dari pertanyaan ini, akan menjadi pertimbangan HRD untuk merekrut kamu dan juga jadi nilai pembeda kamu dengan pelamar kerja yang lainnya. Jangan merendah, apalagi meninggi ya YOTers. Karena bisa jadi bumerang buat kamu nantinya.

5. Apa yang akan Anda Lakukan Jika Diterima di Perusahaan Ini

Jawabannya adalah kamu akan memberikan kontribusi terbaik di dalam perusahaan. Ceritakan mengenai pengalaman bekerja atau magang kamu yang sesuai banget dengan posisi yang kamu lamar. Cerita ini bisa jadi penyemangat buat kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut. Tunjukkan antusias kamu saat menjawab pertanyaan ini.

6. Pencapaian yang Sudah Anda Raih dalam Bekerja

Gak usah bertele-tele dalam menjawab pertanyaan ini. Intinya adalah tunjukkan bahwa kemampuan yang kamu miliki itu berkontribusi terhadap pekerjaan kamu maupun tim. Jelaskan dengan baik setiap pekerjaan yang mampu kamu selesaikan di perusahaan kamu yang sebelumnya atau yang sekarang. Buktikan kalau kamu adalah orang yang layak untuk diterima bekerja!

7. Apa Rencana Anda 5 Tahun ke Depan

Nah, ini salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan. Jangan sampe kamu jawab ‘hmm belum tahu, ikutin jalannya aja nanti kemana.’ Terus, mesti jawab apa ya? Nih baca selengkapnya di sini, biar gak salah jawab.

8. Kenapa Resign dari Kantor Lama

Jangan sampe kamu salah jawab apalagi jawaban yang mengarah ke menjelek-jelekan perusahaan kamu yang sebelumnya. Terus, apa jawaban yang tepat? Nih baca di sini ya, biar gak asbun alias asal bunyi:

9. Jika Diterima, Berapa Gaji yang Anda Inginkan?

Penting untuk cari tahu dulu standar gaji yang pas untuk posisi yang kamu lamar. Untuk fresh graduate dengan yang sudah berpengalaman tentunya akan berbeda. Kamu bisa nanya ini ke teman-teman kamu yang sudah bekerja ya. Jangan sampe pasang harga yang terlalu rendah, apalagi terlalu tinggi yang belum tentu sesuai dengan kompetensi.

10. “Apa Ada Pertanyaan?”

Biasanya di sesi akhir wawancara, HRD akan memberikan kamu kesempatan untuk bertanya. Mungkin sebagian dari kamu memilih untuk menyudahi sesi interview dengan tidak bertanya. Eits! Justru salah kalo kamu gak nanya. Dengan bertanya, tentu kamu akan dinilai antusias untuk bekerja di perusahaan tersebut. Lantas, apa aja yang harus ditanyain? Cari tahu jawabannya di sini.

Nah itu dia berbagai pertanyaan ‘jebakan’ yang sering ditanyakan sama HRD saat interview kerja. Pastikan kamu menjawabnya dengan benar ya, biar bisa diterima kerja. Semangat YOTers!

Yuk, latihan interview HRD sekarang!

Interview Sekarang

Ingin mendapatkan lebih banyak konten inspiratif dari narasumber berpengalaman? Yuk, segera daftar Paket Muda Hebat yang dibuat oleh ekosistem Young On Top. Di sini kamu bisa mendapatkan berbagai kisah inspiratif dari para ahli, tips dan trik seputar karir, bisnis, dan masih banyak pembahasan menarik lainnya.

Menariknya lagi, konten-konten dari Paket Muda Hebat dikemas dalam berbagai bentuk mulai dari artikel, video, hingga podcast. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung aja daftar di sini!

Atau, langsung aja klik gambar di bawah ini ya!