Pura Ulun Danu Beratan, Pura Di Tengah Danau

Hallo yoters tahukah kalian sejarah dari Pura Ulun Danu Beratan yang dibangun pada tahun 1634 oleh I Gusti Agung Putu (Raja Kerajaan Mengwi). Pembangunan pura berfungsi atau ditujukan untuk pemujaan Tuhan Yang Maha Esa, dalam manifestasinya sebagai Tri Murti (Brahma, Wisnu dan Siwa). Untuk memohon kesuburan lahan pertanian, kemakmuran masyarakat, kesejahteraan manusia dan kelestarian alam agar terhindar dari bencana.

Selain keunikan lokasi, bentuk arsitektur pura juga sangat unik dengan ciri khas arsitektur Bali. Tempat pemujaan dibangun dari kayu yang bentuknya seperti pagoda, dengan jumlah 11 tingkatan pada area atap bangunan. Keindahan arsitektur pura juga ditambah dengan keindahan latar belakang perbukitan, serta danau alami yang mengelilingi area pura.

Lokasi pura yang berada pada dataran tinggi membuat udara sejuk selalu terasa walaupun pada siang hari. Karena keunikan dari lokasi pura Ulun Danu di Danau Beratan Bedugul membuat foto pura Ulun Danu Beratan selalu terlihat di media promosi pariwisata Bali. Pura ini juga dijadikan tempat wisata budaya bagi wisatawan yang liburan ke Bali selalu menjadi destinasi wisata Bali yang wajib di kunjungi.

Penulis: Ayu Sintiawati