Quarter Life Crisis: Mencari Ikigai (Purpose of Life)

Buat yang saat ini sedang berada di fase umur 20 sd 30 tahun, pasti sedang lelah-lelahnya menjawab pertanyaan dari lingkungan, ada yang ditanya kapan lulus kuliah, kapan kerja, bahkan kapan menikah? Pertanyaan-pertanyaan ini kerap terkadang membawa kita menjadi berpikir dan sampai berlarut-larut dalam memikirkannya. Tapi pernah nggak sih dalam memikirkan hal tersebut jadi terbesit hal lain seperti “Kenapa sih aku hidup, dan apa alasan aku hidup”.

Sekarang tulisan aku yang kali ini mau membahas konsep Ikigai, Ikigai ini sendiri diambil sebenarnya dari bahasa Jepang yang artinya alasan untuk hidup, jika di kulik lebih dalam hidup itu adalah proses, simplenya kita harus tau alasan hidup kita dari mulai ketika bangun setiap pagi, dan kenapa kita harus terus berusaha untuk menemukan tujuan besar dalam hidup. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Secara dasar ada beberapa konsep Ikigai ini, kita coba bahas satu per satu. Terdapat empat elemen yang membentuk ikigai, pertama itu passion (gairah) apa yang kita cintai terhadap kemampuan yang kita miliki. Yang kedua yaitu mission (misi) kemudian dilanjutkan dengan profession (profesi) dan yang keempat atau yang terakhir itu ada vocation (pekerjaan). Ketika empat elemen ini sudah ada maka itulah yang disebut dengan Ikigai.
Ikigai ini bisa banget dicoba, ketika teman-teman sudah menemukan keempat hal diatas, ikigai ini akan sangat bisa memberikan dampak positif bagi hidup seseorang, apalagi di umur yang terbilang masih sangat muda dan sedang mencoba mencari jati diri. Orang yang sudah berhasil memiliki atau mengimplementasikan filosofi hidup ikigai hampir semua memiliki motivasi hidup yang kuat, dan mereka selalu cepat dalam mengambil suatu tindakan tentunya dengan segala macam pertimbangan pula. Dampaknya adalah mereka bisa hidup dengan lebih produktif. Ikigai juga bisa membuat seseorang memiliki etos kerja yang baik, karena mereka meyakini bahwa apa yang mereka lakukan akan bisa memiliki dampak yang baik terhadap orang lain. Ikigai juga sebenarnya berpengaruh pada kesehatan seseorang, orang yang menjalani ikigai, mereka ternyata memiliki resiko yang rendah terkena penyakit jantung. Semua hal ini juga berdasarkan penelitian, jadi sudah terbukti bahwa ikigai ini memang memiliki atau bisa memberikan dampak positif. 

Nah dalam mencapai aspek-aspek diatas ada empat tips sederhana yang bisa sama-sama kita coba dalam meraih ikigai kita masing-masing. Pertama memiliki tujuan yang sangat berarti untuk diri sendiri atau mencoba mengidentifikasi pola dan tujuan dari kenapa kita hidup, jadi kenali dulu diri sendiri, step paling sederhana adalah planning, yang kedua adalah mulai melakukan plannya jadi setelah melakukan refleksi diri mungkin akan menemukan beberapa alternatif hal yang bisa dilakukan, apalagi di saat masih muda adalah saatnya untuk mengeksplor banyak hal juga. Yang ketiga, coba temukan lingkungan yang sama dengan minat kita tersebut, biasanya hal ini akan memudahkan untuk menemukan insight atau ide yang baru dan tentunya juga bisa melihat bagaimana orang-orang yang berada di lingkungan tersebut bisa menekuni bidangnya. Dan yang terakhir, yang juga sangat penting adalah menerima kegagalan, hal ini akan sangat wajar ditemukan, karena sewaktu-waktu realita akan sangat berbeda dengan apa yang kita ekspektasikan, tapi seberat apapun rintangannya yang perlu disadari adalah ini merupakan hal yang sangat wajar, akan selalu ada resiko dari pilihan yang telah dipilih. Yang terpenting adalah belajar dari kesalahan, dan terus berjalan maju. Kita dilahirkan sebagai manusia adalah sebagai pemenang, dan pemenang selalu memiliki kekuatan yang lebih, terus berproses. Ikigai tentunya tidak akan bisa ditemukan dalam satu malam, ingat bahwa perjalanan masih sangat panjang.