Quarter Life Crisis

Quarter Life Crisis young on top

Hallo Yoters !

Saat ini apakah kalian merasakan hal ini ?
1. Ragu ragu mengambil sebuah pilihan akan hal baru
2. Memikirkan tentang apa yang akan terjadi dimasa depan
3. Bertanya apakah kita “masih jalan ditempat”
4. Merasa diajuhi oleh lingkungan sekitar
5. Bingung harus keluar dari zona nyaman atau tidak
6. Merasa tidak puas dengan pencapaian yang telah didapatkan

Jika kalian merasakan beberapa dari yang sudah saya sebutkan diatas, berarti kalian sedang menghadapi salah satu tahap dalam pendewasaan diri atau yang biasa disebut dengan quarter life crisis. Eitss tenang quarter life crisis bukanlah hal yang negatif, karena apabila kita telah memasuki tahap ini berarti kita telah siap untuk berkembang lebih baik lagi dalam hal mencintai diri sendiri. serta lebih peduli akan masa depan kita.

Ada empat tahapan yang akan kita alami saat menghadapi quater life crisis, yakni sebagai berikut :
1. Terjebak dalam keraguan baik dalam hal pendidikan, sosial, maupun pekerjaan.
Nah dari pertanyaan yang sudah saya sebutkan diatas itu merupakan salah satu tahap dalam quarter life crisis. Kita dipenuhi oleh banyak keraguan dalam hal apapun, termasuk dalam hal mengambil keputusan, dalam suatu hubungan ataupun dalam kehidupan sosial yang lainnya. Saat kita mulai memikirkannya berarti kita siap untuk memasuki tahap kedua.
2. Memikirkan perubahan apa yang akan terjadi.
Saat kita mulai memikirkan akan melakukan suatu perubahan maka perlahan semua keraguan yang telah kita pertanyakan sebelumnya akan sirna. Kita mulai memiliki keyakinan yang kuat untuk mengambil keputusan kecil maupun keputusan besar dalam hidup kita.
3. Memikirkan untuk membangun kehidupan yang lebih baik.
Pada tahap ketiga ini kita telah memiliki rencana-rencana kedepan yang akan kita lakukan. Kita telah memikirkan apa resiko yang akan kita ambil dan manfaat yang akan kita dapatkan.
4. Komitmen baru untuk mengukuhkan komitmen antara ketertarikan, aspirasi, dan prinsip hidup.
Bila kita telah sampai pada tahap ini, maka dapat dikatakan bahwa quarter life crisis kita telah berhasil. Kita telah mendapatkan komitmen dan dapat melaksanakannya.

Tidak semua orang dapat menjalani semua tahap dengan lancar, ada yang cepat ada yang butuh waktu panjang. Bahkan ada yang gagal melewati quarter life crisis ini. Di negara +62 ini kita sering melihat atau membaca maupun mendengar orang yang usianya lebih tua atau dikatakan lebih dewasa dari kita masih suka nyinyir atau membicarakan kehidupan orang lain. Yaa bisa dikatakan mungkin mereka tidak berhasil melewati semua tahap dalam masa quarter life crisis. Kita perlu cara untuk dapat melalui quarter life crisis ini.

Berikut tips-tips yang bisa kalian terapkan :
1. Cintai diri sendiri terlebih dahulu
2. Jangan mengikuti standar kehidupan sosial
3. Jangan membandingkan diri sendiri dengan siapapun
4. Tentukan prioritas
5. Melatih kesabaran kita agar tidak memaksakan suatu hal, biarkan semua proses mengalir
6. Ceritakan kepada orang terdekat dan berpengalaman untuk meminta solusi

Untuk dapat melalui ini semua butuh waktu, dan menguras cukup banyak tenaga. tapi tenang nikmati semua proses yang ada dengan ikhlas dan penuh kenyakinan. Karena hidup kita adalah untaian dari sebuah proses 🙂

Selamat berproses yoters !

Salam hangat dari saya dimanapun kalian berada :))