Mengapa Lada Dapat Membuat Bersin?

Mengapa Lada Dapat Membuat Bersin?

Banyak sekali bahan yang ada di dapur. Mulai dari garam, gula, cabai, sayuran, rempah-rempah dan masih banyak lainnya. Dari semua bahan umum dapur dan tentu bahan yang digunakan dalam memasak ada satu rempah-rempah yang terkenal karena menyebabkan bersin yang lebih dari yang lain. Bukan garam, bukan paprika, bukan pala, tapi lada atau yang sering disebut merica. Mengapa lada bukan yang lain? Berikut adalah penjelasannya seperti yang dilansir oleh livescience.com

Ada dua alasan utama mengapa lada dapat merangsang bersin. Salah satu alasannya adalah bahwa hal itu sering digunakan ketika ditumbuk halus, dan hasilnya seperti debu atau partikel kecil di udara. Lada yang halus dapat merangsang sel-sel saraf di dalam hidung dan memicu refleks bersin untuk tegas membersihkan partikulat ofensif.

Alasan kedua adalah komposisi kimia lada. Lada mengandung zat kimia yang disebut piperin, yang memberikan tanaman rasa pedas khas.

"Piperine bertindak sebagai iritan jika masuk ke hidung. Ini mengiritasi ujung saraf di dalam selaput lendir. Stimulasi ini akan menyebabkan Anda bersin," menurut Library of Congress. Karakteristik yang sama yang membuat lada mempunyai rasa pedas untuk lidah juga membuat lada mengiritasi hidung, dan hasilnya bersin.
Sumber: http://m.vemale.com/kesehatan/84035-mengapa-lada-dapat-membuat-anda-bersin.html

Tulis Komentarmu