Memaafkan Membuatmu Lebih Bahagia

Memaafkan Membuatmu Lebih Bahagia

 Kadang.. memaafkan orang lain tidak semudah kelihatannya. Bibir Anda bisa saja mengatakan "Aku sudah memaafkan kamu," tetapi hati belum sepenuhnya ikhlas memaafkan. Bahkan di lain waktu, Anda masih saja mengungkit-ungkit kesalahan orang tersebut.

Jika Anda masih dalam fase ini, semoga tulisan sederhana di bawah bisa membuat Anda menjadi orang yang mudah memaafkan. Bayangkanlah sekantung besar karung berisi kentang, maka kentang itulah beban di hati Anda jika sulit memaafkan orang lain. Makin lama kentang itu akan busuk tetapi terus Anda bawa sepanjang hidup. Bukankah lebih baik, lepaskan kentang-kentang busuk itu untuk meringankan beban di hati?

Dilansir oleh huffingtongpost.com, inilah beberapa manfaat memaafkan.

·Jantung Anda Akan Berterima Kasih

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2011 menyebutkan bahwa orang yang mudah memaafkan orang lain memiliki tekanan darah lebih sehat dan cenderung rendah. Hal ini akan semakin bermanfaat bila Anda sudah menikah, karena jika Anda dan pasangan saling memaafkan, maka kesehatan jantung akan lebih baik dibanding mereka yang mendendam dan sulit memaafkan orang lain.

·Anda Lebih Mudah Memaafkan Diri Sendiri

Kita sering memaafkan kesalahan orang lain, tapi apakah Anda sudah memaafkan diri sendiri? Kadang memaafkan diri sendiri lebih sulit dibanding memaafkan kesalahan orang lain. Namun jika Anda sering memaafkan kesalahan orang lain, maka Anda akan lebih mudah memaafkan diri sendiri.

Anda akan semakin sadar bahwa semua orang pernah melakukan kesalahan, termasuk diri Anda. Mungkin Anda pernah kecewa dengan diri sendiri dan menyesali banyak hal yang sudah Anda lakukan, namun memaafkan diri sendiri akan mendamaikan hidup Anda.

·Hubungan Akan Lebih Langgeng

Memaafkan kesalahan orang lain akan membuat sebuah hubungan langgeng, baik hubungan pertemanan, keluarga atau dengan pasangan. Bagi pasangan menikah, tentu akan ada masa-masa di mana Anda dan dia saling adu pendapat dan saling menyakiti. Maka di sinilah kekuatan memaafkan. Maaf akan membuat hubungan lebih kuat, selama kedua belah pihak saling mengerti kesalahan masing-masing, mau belajar dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

·Melindungi Tubuh Dari Stres

Tahukah Anda, apa penyebab sakit masa kini? Stres. Semakin banyak orang yang mengalami tekanan hidup sehingga berujung pada stres hingga depresi. Dengan memaafkan, Anda telah melepas banyak beban di hati dan pikiran. Semakin ikhlas Anda memaafkan, beban itu akan berkurang dan menjauhkan Anda dari stres. Makin jauh dari stres, makin sehat tubuh Anda secara keseluruhan.

Itulah beberapa manfaat memaafkan. Semoga kita semua menjadi pribadi pemaaf yang akan melapangkan jalan untuk masa depan

Sumber: http://www.vemale.com/inspiring/lentera/84298-memaafkan-orang-lain-membuat-anda-lebih-bahagia.html


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *