Diet Tanpa Repot

Diet Tanpa Repot

Anda sedang dalam program diet. Begitu diajak makan di resto bareng teman, Anda setuju saja, sih, demi kehidupan sosial. Namun, Anda mencoba menghindari makanan-makanan berkaloro dan lemak tinggi. Karena itu Anda sibuk menanyakan bahan pembuat menu-menunya. Saat sudah menjatuhkan piihan, Anda cuma mau makan tiga suap. Haduh, ribet!

Boleh-boleh saja, sih, Anda memiliki pola makan khusus untuk hidup sehat. Cuma, mesti hati-hati memilih atau menolak makanan, supaya tidak membuat teman-teman Anda merasa risih karena 'keribetan' Anda. Coba pakai taktik sederhana berikut untuk memesan makanan lebih sopan tapi tetap bisa mengindari kalori atau porsi berlebih.

1. Diawali Salad
Hampir 1/4 dari kalori menu utama bisa terpotong dengan menyantap salad dahulu. Selain itu, warna hijau dari salat akan mengingatkan tujuan diet sehat Anda. Dengan begitu, mencegah Anda terlalu penuh, bukan kenyang.

2. Tidak lebih baik jika mengurangi porsi makanan
Memasan setengah dari porsi yang ada tidak menjadikannya lebih baik untuk diet. Pasalnya, Anda jadi berasumsi bisa memesan banyak menu dalam porsi lebih sedikit. Tapi, begitu dihitung, kalori yang Anda santap tetap lebih besar dari batas diet Anda.

3. Pilih yang basic saja
Secara umum, semakin banyak komponen makanan (lauk) dalam satu porsi menu Anda, semakin besar kalori yang dimiliki. Jadi, tidak perlu rakus menambahkan beragam bahan makanan dalam pilihan Anda. Misal, untuk ayam panggang bisa pilih ditambah daging bacon atau keju, namun jangan keduanya. Tapi, bahan-bahan yang tidak masalah bila ditambah antara lain buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, atau biji-bijian.

4. Pakai piring terkecil
Ketika pilihannya makan di resto buffet, ambil makanan pakai piring yang lebih kecil. Lalu isi piring setengahnya dengan buah dan sayur dan setengahnya lagi oleh protein plus karbohidrat. 

5. Berbagi steak
Pemakaian butter, krim, dan daging merah membuat steak menjadi kurang sehat. Jika Anda ingin makan steak, bagi dua steak dan berikan pada teman. Karena itu, sebelum memesan, tanyakan apakah teman Anda bersedia berbagi steak. Jika tidak, yah, mau tak mau, pilih menu lain yang lebih sehat.

Sumber: http://www.citacinta.com/cerdas/seks.kesehatan/diet.tanpa.mengesalkan.orang.sekitar.anda/001/002/1441


 

Tulis Komentarmu