Pengamen yang Diterima di UI Harus Jadi Ikon Inspiratif bagi Anak Jalanan

Pengamen yang Diterima di UI Harus Jadi Ikon Inspiratif bagi Anak Jalanan

JAKARTA, KOMPAS.com — Keberhasilan Dzulfikar Akbar Cordova alias Dodo (21) masuk Universitas Indonesia melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 dianggap bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak jalanan.

Seperti diketahui, Dodo akan segera menjalani pendidikan tinggi di Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI.

"Yang masuk di UI itu (Dodo) harus dijadikan ikon menyemangati anak-anak jalanan dan orangtua gepeng (gelandangan dan pengemis) itu bahwa sesungguhnya mereka bisa maju, bisa bangkit, bisa hebat," kata sosiolog Musni Umar saat dihubungi Kompas.com, Jumat (31/7/2015).

Menurut Musni, kondisi anak jalanan saat ini semakin memprihatinkan. Banyak anak yang terpaksa hidup dan bekerja di jalanan karena ketidakmampuan orangtua mereka dalam hal finansial dan tidak ada yang peduli terhadap mereka.

Padahal, di dalam diri tiap anak jalanan, ada potensi yang bisa menjadikan diri mereka orang yang hebat pada masa depan.

Musni mengatakan, untuk anak jalanan yang mau mengembangkan dirinya, modal awal bagi mereka adalah semangat. Kebanyakan, anak jalanan zaman sekarang sudah kehilangan semangat untuk bisa maju dan memperbaiki hidup mereka.

Dengan adanya sosok seperti Dodo, mereka bisa melihat contoh nyata anak jalanan yang bisa mengubah hidup melalui usaha dan kerja keras.

"Anak jalanan itu harus diberi harapan untuk bangkit dari keterpurukan. Harapan itu penting. Harus menanamkan semangat untuk mengubah nasib mereka," tutur Musni.

 

Sumber : http://megapolitan.kompas.com/read/2015/07/31/12002131/Pengamen.yang.Diterima.di.UI.Harus.Jadi.Ikon.Inspiratif.bagi.Anak.Jalanan

Tulis Komentarmu